Sebagian Atlet Asian Games 2018 Ditempatkan di Rusunami

Situasi Kompleks Jakabaring Sport City
Sumber :
  • Dok. INASGOC

VIVA – Pada perhelatan pesta olahraga Asian Games 2018 mendatang, diperkirakan sebanyak 3.200 atlet dan official akan datang ke Palembang, Sumatera Selatan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Jumlah tersebut membuat wisma atlet di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang hanya menampung 2000 orang menjadi over kapasitas. Sehingga, pemerintah setempat berencana menempatkan 1.200 atlet ke Rusunami yang kini masih dibangun tak jauh dari kompleks JSC.

Raja Parlindungan Pane, Direktur Government Relation INASGOC mengatakan, untuk penempatan 1.200 atlet dan official tersebut cukup ditampung di satu tower Rusunami.

Palembang Diselimuti Kabut Asap, Indonesia Vs Brunei Batal Digelar di Jakabaring

"Kalau dari kita sebenarnya satu tower sudah cukup, karena muatannya sudah cukup untuk menampung 1.200. Tetapi pihak Pemprov tetap membangun tiga tower untuk mengantisipasi, jika berlebih," kata Raja, usai rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games 2018, di Palembang, Selasa 14 November 2017. 

Raja menjelaskan, penempatan 1.200 atlet dan official tersebut untuk meminimalisir jumlah anggaran yang dikeluarkan selama Asian Games berlangsung di Jakarta dan Palembang. Sehingga anggaran dari sana, bisa dialihkan ke sektor lain.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Sesuai instruksi pak Wakil Presiden, harus minim cos. Jadi kalau 1.200 itu ditempatkan di hotel, pasti akan menambah anggaran. Pengamanannya juga sulit. Sehingga diputuskan untuk ditempatkan di Rusunami,"ujarnya.

Setelah selesai Asian Games, Rusunami yang dijadikan tempat penampungan atlet tersebut akan diberikan kepada masyarakat sebagai tempat tinggal. Sehingga bangunan gedung dapat diurus oleh warga yang menempati bangunan tersebut.

"Rusunami ini dibangun pihak Perumnas, yang bekerja sama dengan Pemprov Sumsel. Maret 2018 pembangunannya sudah clean. Kemarin sudah dilihat dan dipaparkan semua (Rusunami)," katanya.

Melihat kondisi tersebut, INASGOC pun yakin, jika Asian Games 2018 mendatang di Palembang dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan hingga selesai.

"Kami yakin, Palembang sudah sangat siap kalau melihat dari persiapan saat ini. Tidak akan dipindahkan, tetap di sini (Palembang)," ujar Raja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya