Duet Yamaha: Format Baru Kualifikasi MotoGP Lebih Menantang

Qatar MotoGP 2013
Sumber :
  • REUTERS/Fadi Al-Assaad

VIVAnews – Pembalap Yamaha Factory Racing Team, Jorge Lorenzo, antusias dengan format baru babak kualifikasi MotoGP tahun ini. Dia menilai, sistem kualifikasi ini memberikan kesempatan kepada para pembalap untuk mencari setingan terbaik untuk motor dan lebih menantang.

Mulai musim ini, hanya 12 pembalap yang bisa mengikuti sesi babak kualifikasi terakhir atau Q2. Peringkat 10 besar dari tiga sesi free practice atau latihan bebas, secara otomatis mendapatkan tempat di Q2.

Pembalap lainnya akan tampil di Q1, dengan dua pembalap teratas Q2. 12 posisi teratas di grid ketika balapan akan ditentukan melalui hasil Q2. Sedangkan posisi grid sisanya ditentukan dari hasil Q1.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

“Ini berbeda dengan tahun lalu. Memang ada beberapa risiko. Tapi saya pikir itu menarik,” kata Lorenzo dikutip dari Autosport.

“Anda memiliki waktu 30 menit untuk memperbaiki motor agar bisa mendapat kecepatan saat balapan. Anda pun punya 4 lap lebih banyak  banyak untuk mencapai performa terbaik agar bisa start dari grid terdepan,” sambung pembalap asal Spanyol itu.

Hal senada disampaikan rekan satu tim Lorenzo, Valentino Rossi. Bagi pembalap berjuluk The Doctor itu, sesi kualifikasi musim ini sangat menantang. “Anda perlu memahami cara dan mempelajari strategi, untuk selalu berada di momen yang tepat saat kualifikasi.”

Rossi menambahkan, format baru kualfikasi ini sangat menguntungkan, terutama di lintasan pendek.“Ada beberapa pembalap mulai di depan dan yang lainnya masih menunggu. Situasi ini sangat menguntungkan di trek pendek.” (ren)

Bea Cukai gagalkan peredaran kokain cair

Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA

Joint operation Bea Cukai dan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya ungkap dua kasus tindak pidana narkotika jaringan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024