Bantuan Turun, Rio Haryanto Bisa Tampil di F1

Rio Haryanto dan Menpora Imam Nahrawi.
Sumber :
  • kemenpora

VIVA.co.id -  Masa depan pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto di balap Formula 1 (F1) musim 2016 akhirnya menemui titik terang. Masalah kekurangan dana akhirnya mampu diatasi oleh pemerintah.

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama

Sebelumnya, Rio diharuskan menyiapkan dana sebesar €15 juta atau setara dengan Rp229 miliar. Dana tersebut sangat dibutuhkan. Sebab, Manor bukan tim yang berasal dari pabrikan F1.

Pertamina telah menyumbang dana sebesar €5,2 juta. Namun, masih ada kekurangan biaya sebesar €9,8 juta, mengingat total kebutuhan adalah sebesar €15 juta.

Menurut situs resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), kekurangan ini akhirnya mampu teratasi. Telah ada perjanjian kerja sama yang diteken Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Marketing Manager PT Kiky Sport. Perjanjian ini ditandangani oleh E.F. Hamidy selaku Sekjen KONI, dan ibu kandung Rio Haryanto, Indah Pennywati.

Tujuan perjanjian kerja sama tersebut adalah memberikan dalam bentuk uang kepada Rio Haryanto melalui PT Kiky Sport, selaku kuasa yang ditunjuk dan atau diberi mandat untuk mewakilinya sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk keikutsertaan di ajang F1.

RI Bakal Bangun Sirkuit F1 di Bintan, Begini Persiapannya

Bantuan yang diberikan melalui KONI tersebut adalah sebesar Rp100 milyar dan bersumber dari bantuan Kemenpora berdasarkan perjanjian kerja sama antara Kemenpora dengan KONI. Seandainya dana dari KONI tidak mencukupi, kekurangannya menjadi tanggung jawab PT Kiky Sport. Faktanya memang masih kurang, karena yang baru terkumpul sebanyak Rp 100 milyar dan € 5,2 juta (dari Pertamina).

(mus)

F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022