Dua Musim di F1, Max Verstappen Cetak Tiga Rekor

Pembalap Red Bull, Max Verstappen
Sumber :
  • Reuters/Albert Gea

VIVA.co.id – Gelaran F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona pada Minggu, 15 Mei 2016 memunculkan sejarah baru. Pembalap yang baru pekan lalu ditunjuk bergabung dengan Red Bull Racing, Max Verstappen keluar menjadi juara.

Kontroversi di Balik Sukses Max Verstappen Juara Dunia F1 2021

Sejarah ditorehkan pembalap berusia 18 tahun itu karena dia adalah pembalap termuda dalam ajang adu kebut jet darat yang sukses menempati podium utama. Kegemilangannya pada balapan kali ini benar-benar teruji.

Sebab, dia berhasil lolos dari tekanan yang diberikan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dalam beberapa lap terakhir. Dengan jarak sepersekian detik, pembalap berkebangsaan Belanda itu sukses mencatatkan diri dalam sejarah.

Apresiasi ExxonMobil untuk Sang Juara Dunia F1 2021 Max Verstappen

Bakat Verstappen tidak lepas dari peranan sang Ayah, Jos Verstappen yang juga pernah menjadi turun membalap di ajang F1. Sejak masih kecil, sang anak sangat akrab dengan dunia otomotif.

Tak mengherankan Red Bull berani mempercayai naik kelas dari Toro Rosso yang notabene tim kedua mereka untuk menggantikan Daniil Kvyat. Selain itu, belakangan Verstappen juga diisukan akan dibajak oleh Mercedes.

Kata Lewis Hamilton Usai Gagal Pertahankan Gelar Juara Dunia F1

Bos Mercedes, Toto Wolff dalam sempat mengutarakan kekagumannya terhadap bakat Verstappen. Dia mengaku pernah dibuat terkesima dengan kemampuan Verstappen dalam mengendarai mobil.

"Saya ingat melihat Max pertama kali saat dia mendapatkan trofi penghargaan FIA di Paris 2013 lalu. Ketika itu dia mengendarai gokart, dan menguasai panggung. Dalam dua tahun anak itu sudah mencantumkan nama di Formula 1," ungkap Wolff seperti dilansir Formula Spy.

Selain menciptakan rekor sebagai pembalap termuda yang sukses mendapatkan podium utama di balapan Grand Prix. Verstappen ternyata memecahkan rekor membanggakan lainnya.

Kemenangan kali ini mengantarkannya menjadi pembalap asal Belanda yang menjadi juara di seri balapan F1. Selain itu, saat baru membalap di level tertinggi balap mobil ini pada 2015 lalu, Verstappen juga memecahkan rekor.

Dia menjadi pembalap termuda yang pernah mencicipi kerasnya persaingan di lintasan aspal F1 bersama Toro Rosso. Ketika itu, usia pria yang lahir di Belgia 30 September 1997 masih 17 tahun 166 hari.

Sebelum berlaga di F1, Verstappen mengawali karier di ajang F3 FIA European Championship. Rekam jejak kariernya ini sama dengan yang pernah dilalui oleh beberapa pembalap tenar lainnya seperti Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya