Marquez Tak Mau 'Dikibuli' Rossi Lagi di GP Belanda

Pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • Crash.net

VIVA.co.id – Jelang gelaran MotoGP Belanda akhir pekan ini, pembalap utama Tim Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku sudah belajar dari pengalaman musim lalu. Rider asal Spanyol ini mengatakan siap untuk menaklukkan Sirkuit Assen, yang senantiasa bersahabat dengan sang rival, Valentino Rossi.

Repsol Honda Belum Tentu Tancap Gas di Awal Musim MotoGP 2024

Berkaca pada persaingan antara Marquez dan Rossi di GP Belanda musim 2015 lalu. Kala itu, Marquez harus puas hanya menjadi runner-up di belakang Rossi.

Namun, Marquez tentu masih ingat pula bagaimana aksi potong jalan yang dilakukan Rossi di chicane (tikungan berbentuk huruf S) terakhir Sirkuit Assen. Akibat aksi itulah Rossi akhirnya jadi juara, sementara Marquez yang berada di belakangnya sempat menggerutu seakan tak puas.

Pengakuan Casey Stoner Tinggalkan Honda, Cemburu ke Marc Marquez

Dalam seri GP Belanda tahun lalu, Marquez memang bersaing ketat dengan Rossi sepanjang balapan digelar. Keduanya bahkan sempat saling bersenggolan. Kini, Marquez mengaku lebih siap untuk kembali merasakan panasnya aspal Sirkuit Assen, terutama dalam persaingan dengan Rossi.

"Saat ini Assen adalah sirkuit yang lebih baik bagi saya, dibandingkan dengan (sirkuit) yang lain. Tapi, Valentino (Rossi) dan (Jorge) Lorenzo sangat cepat karena ini lintasan yang mengalir, sehingga mereka sangat cepat," ujar Marquez dikutip Fox Sports Asia.

Kata Marc Marquez Paling Enak di Honda, Sedikit Tekanan tapi Banyak Uang

Marquez mengakui jika chicane terakhir di Sirkuit Assen adalah tikungan yang cukup sulit ditaklukkan. Namun, pembalap 23 tahun ini berjanji akan bekerja keras untuk bisa memaksimalkan kinerjanya dalam balapan nanti.

"Chicane terakhir senantiasa menjadi sudut yang rumit. Apalagi jika berada di putaran terakhir, entah di posisi terdepan atau di belakang,  tentu menjadi lebih sulit. Tentunya tahun ini kami akan berusaha keras untuk berada di depan," tuturnya.

"Sudut terakhir seperti yang Anda miliki di (Sirkuit) Jerez, dan banyak sirkuit lainnya. Dimana Anda senantiasa punya kemungkinan untuk menyalip. Mereka (pengelola sirkuit) telah mengubahnya sedikit tahun ini dan dimodifikasi untuk keselamatan. Saya pikir ini lebih baik. Tapi di setiap tahun situasi akan berbeda."

Seri MotoGP Belanda akan digelar di Sirkuit Assen, tanggal 26 Juni 2016 mendatang.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya