4 Pebalap Muda Siap Harumkan Nama Indonesia di Jepang

Pebalap Astra Honda, Dimas Ekky Pratama
Sumber :

VIVA.co.id – Empat pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Dimas Ekky Pratama, Gerry Salim, Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens akan berlaga di kejuaraan balap ketahanan bergengsi 8 Hours Endurance World Championship dan 4 Hours Endurance Road Race di sirkuit Suzuka, Jepang.

Persiapan Maksimal Rifat Sungkar Jelang Asia Cross Country Rally

Dimas, yang tahun ini juga diterjunkan di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas suppersport 600cc dan CEV Moto2 European Championship, akan bertanding di ajang balap Suzuka 8 Hours Endurance World Championship, Minggu 31 Juli 2016.
 
Sementara itu, Irfan dan Rheza yang sudah dibina melalui kejurnas supersport 600cc akan unjuk kemampuan di Suzuka 4 Hours Endurance Road Race sehari sebelumnya, Sabtu 30 Juli 2016. Gerry Salim, akan turut bergabung bersama tim untuk mendukung dan mendapatkan pengalaman dari ketatnya persaingan di ajang balap ketahanan kelas dunia ini.

 Menjelang gelaran akbar kejuaraan balap ketahanan ini, keempat pebalap yang tergabung dalam Astra Honda Racing Team (AHRT) ini menjalani berbagai persiapan mulai dari fisik, skill dan mental di Tanah Air maupun di sirkuit Suzuka, Jepang. Para pebalap kebanggaan Indonesia ini juga melewati serangkaian official test sebelum menghadapi balapan yang diikuti para pebalap lintas negara ini.

Misi Khusus Alvin Bahar Usai Raih Gelar Juara Nasional ke-11

GM Marketing Planning & Analysis AHM Agustinus Indraputra mengatakan balapan ketahanan ini merupakan ajang balap yang tepat untuk menguji dan mengasah kestabilan kemampuan balap para pebalap binaan perusahaan sebelum mereka menapakkan karir balap ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami berharap pengalaman pebalap binaan AHM di berbagai ajang sampai pertengahan tahun ini menjadi modal untuk mencatatkan hasil terbaik di Suzuka. Tidak hanya kemampuan teknis tapi juga ketahanan fisik dan mental sangat diperlukan untuk menunjukan konsistensi performa dalam meningkatkan level,” ujar Indraputra.

Tampil di AXCR 2022, Rifat Sungkar Percaya diri dengan KInerja Mitsubishi Triton

"Ini tidak terlepas dari tujuan utama kami, mewujudkan mimpi pebalap muda Indonesia untuk sampai ke level MotoGP," katanya menambahkan.

Di kelas 8 Hours Endurance World Championship, Dimas yang tergabung dalam tim Satu Hati. Honda Team Asia akan bertanding berpasangan dengan pebalap dari negara lain yaitu, Zaqhwan Zaidi (Malaysia) dan Rathapong Wilairot (Thailand). Satu Hati. Honda Team Asia akan menggunakan sepeda motor CBR1000RR dan berlomba selama 8 jam menghadapi 163 pebalap berbagai negara dari 57 tim.

Sedangkan di ajang Suzuka 4 Hours Endurance Road Race, Irfan dan Rheza akan berlomba di bawah naungan tim Astra Honda Racing Team menggunakan sepeda motor CBR 600RR menghadapi 128 pebalap dari 64 tim.

Babak kualifikasi akan dilaksanakan pada Jumat (29/7) dan khusus untuk kelas 8 hours akan mengikuti sesi Top 10 trials untuk menentukan posisi start terdepan.

Sirkuit Suzuka sendiri merupakan sirkuit teknikal yang menyuguhkan kombinasi balap yang lengkap. Dengan total panjang 5.821 meter, pebalap akan menghadapi kontur sirkuit yang naik dan turun, track lurus panjang, tikungan berkarakter low speed serta speed corner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya