Kemenpora Pastikan Rio Haryanto Balapan di F1 GP Jerman

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Manor Racing Media

VIVA.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia memastikan bila Rio Haryanto akan membalap di seri Formula 1 (F1) GP Jerman. Ini tak lepas dari hasil koordinasi internal dan komunikasi Kemenpora dengan PT Pertamina, selaku sponsor utama Rio di F1.

Seri GP Hungaria yang berlangsung pada Minggu, 24 Juli 2016, disebut-sebut sebagai balapan terakhir Rio bersama Manor. Ini tak lain karena pembalap berusia 23 tahun tersebut belum melunasi sisa pembayaran kepada tim asal Inggris ini, sebesar 7 juta euro.

Manajer Rio, Piers Hunnisett, berharap adanya dispensasi dari kubu Manor untuk bisa memakai kliennya pada balapan di Hockenheim. Namun, kini Kemenpora telah memastikan Rio akan berlaga di GP Jerman pada 31 Juli mendatang.

“Kemenpora telah melakukan koordinasi internal dan komunikasi dengan PT Pertamina, yang esensinya tetap mendorong agar Rio Haryanto tetap diberi kesempatan untuk melanjutkan putaran race F1. Informasi terakhir, Rio Haryanto masih diberi kesempatan untuk mengikuti putaran race F1 di Hockenhiem,” bunyi pernyataan Kemenpora pada rilis ke VIVA.co.id, Rabu, 27 Juli 2016.

Pihak Kemenpora sendiri berharap Rio bisa membalap hingga seri terakhir di Abu Dhabi pada 27 November 2016. Mereka memegang pernyataan Direktur PT Manor Racing Team, Dave Ryan, pada Februari 2016 lalu.

“Pada tanggal 18 Februari 2016 Manor Racing  melalui Direktur Racing Dave Ryan yang berbicara melalui Skype dari London menyatakan, bahwa Rio Haryanto telah resmi ditetapkan sebagai pembalap F1 bersama Pascal Wehrlein dari Jerman untuk seluruh sesi Grand Prix F-1 tahun 2016,”  lanjut pernyataan tersebut.

Hingga 11 seri yang sudah berlangsung, penampilan Rio memang belum memuaskan. Dia terdampar di dasar klasemen tanpa poin, dan sudah tiga kali gagal melanjutkan balapan. Sedangkan Pascal Wehrlein yang menjadi rekan setimnya berada di posisi 17. (ase)
 

Alasan Legenda F1 Lewis Hamilton Ingin Ganti Nama
Denah lokasi sirkuit F1 di Bintan, Kepulauan Riau.

Sirkuit F1 di Indonesia akan Dibangun Megah, Begini Komentar IMI

Selain Sirkuit Mandalika yang akan menjad tempat diselenggarakannya MotoGP, Indonesia juga akan membangun sirkuit untuk penyelenggaraan Formula 1 alias F1

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022