Dua Pembalap Indonesia Kampiun di Suzuka 4 Hours

Dua pembalap Indonesia AHRT, Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica
Sumber :
VIVA.co.id - Dua pembalap Indonesia dari Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens, tampil menawan di Sirkuit Suzuka. Keduanya berhasil meraih podium tertinggi kejuaraan balap ketahanan Suzuka 4 Hours Endurance Race, Sabtu 30 Juli 2016.
Motor Bermasalah, Andi Gilang Hanya di Posisi 26 Moto2 FIM CEV Spanyol


Jatuh, Gerry Salim Batal Balapan di Seri Terakhir CEV Spanyol
Kendati baru pertama kali mengikuti kejuaraan ini, mereka mengalahkan 110 pembalap dari negara lain. Dalam balapan uji ketahanan Suzuka 4 Hours Endurance Race, keduanya memakai Honda CBR600RR.
Afridza Jadi Penyemangat Trio Astra Honda di Seri Terakhir CEV 2019

Irfan dan Rheza menuntaskan balapan selama 4 jam 1 menit 30.355 detik dengan menempuh sebanyak 100 lap dengan 4 kali pergantian pembalap.  Sehari sebelumnya, mereka berhasil mengamankan posisi pole position pada sesi kualifikasi.


Sesuai tradisi balapan ketahanan ini, para pembalap diharuskan berlari menuju motornya. Irfan Ardiansyah yang menjadi pembalap pertama langsung membukukan catatan waktu tercepat 2 menit 17.938 detik. Pada awal balapan, pembalap asal Semarang ini sempat turun ke posisi 3.


Irfan terus memperbaiki catatan waktu balapnya dan pada lap ke-9 berhasil naik ke posisi 2 dengan jarak hanya 0,295 detik terhadap pembalap di depannya. Pergantian pembalap pun dilakukan setiap 20 lap dengan pengisian bahan bakar yang tercatat mampu diselesaikan tim mekanik handal AHRT hanya dalam waktu 11 detik.


Pada lap ke-58, pebalap AHRT tampil paling unggul dan menyodok hingga posisi terdepan dari 60 tim balap lintas negara yang bertanding. Posisi terdepan terus diamankan Irfan dan Rheza secara bergantian dan terus meninggalkan jauh para rivalnya.


"Kami senang sekali dapat memenangkan balapan ini mengingat baru pertama kali kami ikut balapan ini di Suzuka. Sirkuit Suzuka ini cukup menantang. Kami harus cepat menyesuaikan diri dengan kendala teknis di sirkuit ini. Alhamdulillah, Akhirnya kami berhasil keluar sebagai juara pertama," ujar Irfan dalam rilis yang diterima viva.co.id


Irfan Ardiansyah dan Rheza Danica Ahrens merupakan pembalap binaan AHM yang dibina sejak dini. Kedua pembalap mampu menunjukkan hasil pembinaan tersebut setelah teruji menjadi yang terbaik dalam balapan sejauh 580km selama 4 jam ini.


"Setelah pembalap terdepan berjatuhan, strategi kami hanya berusaha tenang dan menjaga catatan waktu kami. Kami juga dibimbing strategi yang bagus dari tim Astra Honda Racing Team dan dukungan mekanik yang tangguh," ujar Rheza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya