Jadi Pembalap Cadangan, Ini Aktivitas Rio Haryanto

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Sama seperti sepakbola, di ajang balapan bergengsi Formula One (F1) juga terdapat pemain cadangan atau pembalap cadangan yang dikenal dengan istilah reserve driver. Ya, status pembalap cadangan rupanya kini didapat Rio Haryanto.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Tak menjadi pembalap inti ini dikarenakan pria berusia 23 tahun itu yang awalnya wajib membayar sebesar 15 juta untuk tampil selama 21 seri dalam semusim, justru hanya disetorkan sebanyak 8 juta euro. Biaya itu pun diperoleh dari dana miliknya sebesar 3 juta euro dan 5 juta euro bantuan dari Pertamina.

Lantas bagaimana aktifitas Rio setelah seri ke-12 lalu Tim Manor Racing memutus kontrak dari pembalap inti menjadi pembalap cadangan?

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

Menurut Rio, di saat selama rehat musim panas ajang balapan jet darat kali ini, dia akan tetap berada di Indonesia.

 “Saya akan tetap latihan fisik untuk menjaga stamina,” ujar Rio saat ditemui di perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Sabtu 13 Agustus 2016.

Larissa Chou Diisukan akan Dinikahi Rio Haryanto, Ini Mulanya

 Selain itu, Rio mengaku, di masa rehat menjadi momen yang penting untuk dimanfaatkan berkumpul dengan keluarga, teman serta sahabat.

Sebab, lanjut dia, summer break, juga pasti dilakukan para pembalap lainnya untuk refreshing di luar dari kegiatan balapan.

 “Jadi tidak ada latihan di seluruh pembalap F1. Tapi saya sendiri akan melakukan latihan menggunakan simalator kecil yang ada di rumah,” ujarnya.

Untuk mengetahui bagaimana mobil atau kondisi sirkuit yang akan menjadi tempat di balapan seri selanjutnya, Rio hanya akan melakukan diskusi dengan enginer balapan via email.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya