Sauber Bisa Jadi Pelabuhan Terbaru Rio Haryanto?

Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto.
Sumber :
  • Manor Racing Media

VIVA.co.id – Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto memiliki hasrat besar untuk tampil di ajang F1 2017 mendatang. Kariernya terhenti di pertengahan musim ini karena tidak adanya sponsor yang mau membiayai sisa pembayaran kursi di mobil milik Manor Racing sebesar 7 juta euro.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

Piers Hunnisett selaku manajer Rio beberapa hari lalu mengungkapkan saat ini ada sponsor swasta yang siap memberi dukungan. Tak tanggung-tanggung, di antaranya ada yang berasal dari Jepang dan Thailand.

(Baca juga: GP Singapura Jadi Ajang Cari Sponsor Rio Haryanto)

Larissa Chou Diisukan akan Dinikahi Rio Haryanto, Ini Mulanya

Meski begitu, ke tim mana Rio akan berlabuh musim depan belum jelas. Manor tentu menjadi opsi pertama, namun melihat mahalnya biaya kursi di tim asal Inggris tersebut tak diiringi dengan performa kendaraan MRT-05 yang mumpuni.

Selama 11 seri turun balapan, pria berusia 23 tahun tersebut belum mampu memberi hasil terbaik. Banyak pengamat mengatakan mesin mobil Manor yang kalah kualitas dibanding tim lain jadi faktor penyebabnya.

Yuki Kato Buka Suara Soal Kedekatannya dengan Rio Haryanto

Perkembangan kepindahan pembalap F1 setiap musimnya berjalan dinamis. Hampir setiap tim melakukan perubahan komposisi pembalap. Sauber bisa menjadi salah satu opsi pelabuhan terbaru Rio.

Tim yang bermarkas di Swiss itu menegaskan tak terlalu mementingkan uang dalam mencari pembalap. Mereka butuh pembalap yang kemampuannya bisa bersaing dengan yang dimiliki oleh tim lain.

(Baca juga: Rio Haryanto Berpeluang Tampil di F1 2017)

"Kami di Sauber tidak pernah mengambil keputusan dengan alasan keuangan, dan kami dikenal orang dengan itu," kata Team Principal Sauber, Monisha Kaltenborn seperti dikutip dari Motorsport.

Peluang Rio untuk gabung bersama Sauber semakin terbuka. Sebab, pembalap nomor dua mereka, Felipe Nasr belakangan erat dikaitkan akan direkrut oleh Williams Martini Racing di musim depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya