Sulawesi Selatan Dominasi Juara Motoprix 2016

Ajang Motoprix 2016 di Sidrap, Sulawesi Selatan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Grand Final Motoprix 2016 yang digelar di Sirkuit Puncak Mario, Sidrap, Sulawesi Selatan, 17-18 Desember 2016 telah usai. Balapan berlangsung ketat, sejumlah pembalap bahkan harus tersingkir dari lintasan karena terjatuh atau tunggangan yang mengalami trouble.

Persiapan Maksimal Rifat Sungkar Jelang Asia Cross Country Rally

Sulawesi Selatan (Sulsel) berjaya dengan berhasil mendominasi kelas yang dilombakan. Empat kelas dari enam kelas lomba berhasil direbut para pembalap Sulsel. Masing-masing kelas MP.1 oleh Andi Farhat dengan jumlah 75 poin, mengalahkan dua rivalnya, AriantoTarzany, pembalap asal Kalimantan Timur (63 poin) dan Ivon Nanda dari Sumatera Utara dengan perolehan 58 poin.

Juara nasional kelas MP 3 juga disabet oleh pembalap asal Sulsel yakni, Fahri Sandy, dengan perolehan 60 poin. Dia unggul tipis atas Muhajirin, wakil Maluku Utara, yang mengumpulkan 58 poin, dan Wawan Wello, pembalap asal Jawa Timur (45 poin).

Misi Khusus Alvin Bahar Usai Raih Gelar Juara Nasional ke-11

Jawara kelas MP 4 juga direbut pembalap tuan rumah, Fahri Sandi. Fahri mengumpulkan 66 poin. Ia unggul atas pembalap Jawa Timur, Idris SM, yang mengoleksi 65 poin. Di tempat ketiga, berdiri pembalap asal Bali, Ricki Susanto, dengan perolehan 51 poin.

Sulsel juga berhasil menempatkan pembalapnya sebagai juara di kelas MP 6, atas nama Maulana Ibrahim. Maulana sukses mengantongi 70 poin, mengalahkan Mario SA dari Jatim dengan perolehan 51 poin. Pembalap asal Kalimantan Selatan, Sandi YP, berdiri di posisi ketiga dengan torehan 48 poin.

Tampil di AXCR 2022, Rifat Sungkar Percaya diri dengan KInerja Mitsubishi Triton

Para pembalap Sulawesi Selatan gagal di dua kelas, yakni MP 5 dan MP 2. Di kelas MP 2, pembalap asal Jawa Barat, Awhin Sanjaya, yang merupakan peraih medali emas PON Jawa Barat 2016, sukses menjadi yang terbaik. Kemudian, di kelas MP 5, pembalap asal Sumatera Utara, Deri Satrio Sunarto, berhasil menjadi juara dengan catatan 75 poin.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan, Subhan Aksa, mengaku bangga atas pencapaian para pembalap Sulsel di ajang kali ini.

“Ini pencapaian yang luar biasa, para pembalap kita berhasil menjuarai 4 kelas,” kata Subhan dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Ia menjelaskan, hasil ini patut dipertahankan karena tiga dari empat kelas yang dijuarai Sulsel adalah kelas pemula. “Ini membuktikan, jika proses pembinaan berjalan dengan baik,” jelas Subhan.

Hasil Akhir Grand Final Motoprix 2016:

MP 1
Juara 1 – Andi Farhat – Sulsel – 75 poin
Juara 2 – Arianto Tarzany – Kaltim – 63 poin
Juara 3 – Ivon Nanda – Sumut- 58 poin

MP 2
Juara 1 – Awhin Sanjaya – Jabar – 75 poin
Juara 2 – Richard Tarore – Papua Barat – 60 poin
Juara 3 – Andi Farhat – Sulsel – 58 poin

MP 3
Juara 1 – Fahri Sandi – Sulsel- 60 Poin
Juara 2 – Muji Mujahirin – Malut- 58 Poin
Juara 3 – Wawan Wello – Jatim- 45 Poin

MP 4
Juara 1 – Fahri Sandi – Sulsel – 66 poin
Juara 2 – Idris SM – Jatim – 65 poin
Juara 3 – Ricki Susanto – Bali – 51 poin

MP 5
Juara 1 – Deri Satrio Sunarto – Sumut – 75 poin
Juara 2 – Maulana  Ibrahim – Sulsel – 66 poin
Juara 3 – Mario S.A – Jatim – 51 poin

MP 6
Juara 1 – Maulana  Ibrahim – Sulsel- 70 poin
Juara 2 – Mario S.A – Jatim – 51 poin
Juara 3 – Sandi YP – Kalsel- 48 poin
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya