Eks Tim Rio Haryanto di F1 Bangkrut

Awak tim Manor Racing bersama mobil F1 yang dikendarai Rio Haryanto.
Sumber :
  • Dok. Manor Racing

VIVA.co.id – Mantan tim Rio Haryanto di Formula 1 musim lalu, Manor Racing, kembali mengalami masalah finansial. Manor dinyatakan bangkrut dan terancam tak ikut balapan F1 musim 2017.

Lewis Hamilton Masih Betah di Mercedes, Meski Mobilnya Kalah Kencang

Ancaman bangkrut terhadap Manor sudah terlihat sejak akhir 2016 lalu. Jajaran direksi Manor sempat memanggil seluruh karyawan untuk menggelar rapat pada Jumat 30 Desember 2016. 

Saat itu, para petinggi Manor menjelaskan kepada 212 staf yang bekerja bahwa kondisi keuangan mereka mengalami krisis. Namun, mereka memastikan gaji para staf selama Desember 2016 tetap dibayar.

Audi Bersiap Turun di Formula 1 Lewat Sauber

FRP Advisory LLP, selaku konsultan Manor, menyatakan solusi terkait masalah ini sedang mereka cari. Wakil dari FRP Advisory LLP, Geoff Rowley, mengungkapkan sampai sekarang belum ada niatan dari Manor untuk melakukan PHK terhadap 212 pekerja.

Opsi tersebut bisa saja diambil, andai para petinggi gagal mendapatkan investor dalam beberapa pekan ke depan.

Larissa Chou Diisukan akan Dinikahi Rio Haryanto, Ini Mulanya

"Tim membuat kemajuan pesat dalam kepemilikan baru sejak 2015 silam. Itu sudah termasuk raihan poin konstruksi dalam beberapa musim. Tapi, kami butuh investasi baru yang signifikan," kata Rowley seperti dikutip Motorsport.

"Dalam beberapa bulan terakhir, manajemen senior sudah bekerja mati-matian mendapatkan investor baru demi masa depan yang cerah. Tapi, dengan sangat menyesal, sangat sulit dengan waktu tersedia," lanjutnya. 

Salah satu alternatifnya, menurut Rowley, adalah dengan menjual Manor. Dari sumber dalam Manor, beberapa pembeli sebenarnya sudah mengantre sejak pekan lalu.

Dua di antaranya sudah mundur karena proses yang berbelit. Sampai sekarang, para calon pembeli belum menemukan kesepakatan terkait nilai Manor. Bisa jadi, mereka akan membatalkan niatnya membeli Manor.

Sebenarnya bukan kali ini saja Manor bangkrut. Pada 2014 lalu, tim asal Inggris tersebut sempat mengalami hal serupa. Demi mengatasi masalah itu, manajemen Manor menjual seluruh asetnya demi bisa membiayai pesangon para pekerjanya.

Kondisi ini membuktikan, kebijakan Pertamina tak mengembalikan Rio ke Manor sangat tepat. Pertamina tampaknya sudah tahu, Manor akan mengalami kebangkrutan untuk kali kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya