'Bottas Suksesor Tepat untuk Rosberg'

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas
Sumber :
  • REUTERS/Maxim Shemetov

VIVA.co.id – Kemenangan pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, di Formula 1 (F1) GP Rusia, akhir pekan lalu, mengundang banyak pujian. Salah satunya datang dari legenda balap jet darat, Niki Lauda.

Mercedes Siap Tantang Max Verstappen di F1 GP Qatar

Lauda, yang kini menjabat sebagai non-executive direcotr di tim Mercedes, percaya kalau Bottas adalah pengganti yang tepat untuk Nico Rosberg sebagai rekan setim Lewis Hamilton.

Seperti diketahui, Rosberg mengumumkan pensiun dari balapan F1 pada Desember lalu. Keputusan itu dia ambil setelah menjuarai F1 2016.

Lewis Hamilton Akui Progres McLaren

Keyakinan yang ditujukan Lauda kepada Bottas juga bukan tanpa alasan. Sebab, Bottas meraih kemenangan perdananya hanya dalam 4 seri, setelah Australia, China dan Bahrain.

"Untuk meraih kemenangan pertama, bagi semua pembalap adalah hal sulit. Ini saya tahu berdasarkan pengalaman saya sendiri. Tapi setelah kemenangan pertama datang, kemenangan berikutnya terasa lebih mudah. Dan Bottas pasti bisa melakukan itu," kata Lauda, dikutip Crash.

Lewis Hamilton Khawatir Mercedes Kalah Saing di F1 2023

"Lewis (Hamilton) adalah talenta yang berbeda, dia seorang juara dunia, jadi ini tergantung pada kondisi balapan. Kemarin Bottas mengalahkan Hamilton, mungkin tiga tahun berikutnya Hamilton yang melakukan hal itu. Bottas pengganti yang bagus untuk Rosberg," ujarnya.

Lauda adalah legenda F1 yang berkarier di tahun 1971 dan pensiun di tahun 1979. Namun, dia comeback di tahun 1982 dan pensiun untuk kedua kalinya pada tahun 1985.

Selama menjadi pembalap, pria bernama lengkap Andreas Nikolaus Lauda ini meraih tiga gelar juara dunia, yakni di tahun 1975, 1977 dan 1984. Lima tim pernah diperkuat Lauda, Marcg, BRM, Ferrari, Brabham dan McLaren.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya