10 Fakta dan Statistik Jelang MotoGP Spanyol

Valentino Rossi vs Marc Marquez di Sirkuit Jerez
Sumber :
  • REUTERS/Jon Nazca

VIVA.co.id – Balapan MotoGP pekan ini akan digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu, 7 Mei 2017. Sirkuit Jerez ini pertama kali digunakan pada 1987. GP 2017 ini merupakan anniversary-nya yang ke-30. Berikut ini 10 fakta dan statistik menarik terkait GP di Jerez.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

1. Yamaha dan Honda sama-sama menang 7 kali di Jerez.

2. Ducati hanya menang sekali pada 2006 saat Loris Capirossi mendapatkan pole position. Terakhir kali pembalap Ducati finis hingga podium terjadi pada 2011, ketika Nicky Hayden berada di posisi ketiga.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

3. Terakhir kali Suzuki berjaya di sirkuit Jerez pada 2000 bersama Kenny Roberts.

4. Valentino Rossi merupakan pembalap paling sukses di sirkuit Jerez, 9 kali naik podium dengan tujuh di antaranya di ajang MotoGP.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

5. Tahun lalu merupakan pertama kalinya sejak 2009 tidak ada pembalap Spanyol yang juara di tiga level.

6. Lima juara berbeda dalam lima tahun terakhir di Jerez: Casey Stoner, Dani Pedrosa, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi.

pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez

7. Kemenangan Marc Marquez di Austin, Amerika Serikat, merupakan kali ke-52 dia naik podium utama di kelas MotoGP, rekor sama yang dipegang Wayne Gardner. Hanya 10 pembalap yang melebihi rekor Marquez sepanjang 69 tahun sejarah balapan sepeda motor grand prix.

8. Kemenangan Rossi tahun lalu di Jerez merupakan yang pertama sejak 2009 dan juga pertama kalinya dia start di pole position dan memimpin sepanjang lap balapan.

9. Marc Marquez dan Dani Pedrosa naik podium di Austin. Ini merupakan pertama kalinya di musim ini dua pembalap Repsol Honda naik podium bersama sejak GP Catalan tahun lalu.

10. Dani Pedrosa meraih posisi ketiga di GP Amerika. Itu membuat Pedrosa mencatatkan rekor naik podium setidaknya sekali dalam 12 seri di kelas MotoGP. Hanya dua pembalap yang melebihi rekornya, yaitu Valentino Rossi (18) dan Giacomo Agostini (13). (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya