Hanya Raih Podium Dua, Alvin Bahar Tetap Puas

Pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar
Sumber :

VIVA.co.id – Meski hanya meraih podium kedua di putaran kedua Indonesia Touring Car Championship 1600 Max di ajang Indonesian Sentul Serius Of Motorsport (ISSOM), pembalap Honda Racing Indonesia, Alvin Bahar tetap puas. 

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Betapa tidak, Alvin yang merupakan juara nasional tujuh kali dan tengah meretas asa meraih gelar kedelapan kalinya tahun ini masih tampil dengan menggunakan spesifikasi mesin tahun lalu. 

Itu artinya, di balapan yang digelar di sirkuit Sentul, Bogor, akhir pekan lalu itu, Alvin kalah spek. Tapi, dengan kecerdikan dan kemampuan yang dimiliki, Alvin tetap tampil trengginas usai start dari posisi kedua. 

10 Tahun dalam Kondisi Menyedihkan, Schumacher Diterapi dengan Suara Mobil

Bahkan Alvin yang merupakan andalan Honda Racing Indonesia ini sempat mengambil alih pimpinan balapan dari Haridarma Manoppo di tikungan ketiga ketika balapan baru dimulai. 

Menjalani lima lap, Alvin berhasil mempertahankan posisi terdepan, sebelum rivalnya yang memang kendaraannya tampak lebih laju itu kembali mengambilnya.

Pembukaan APRC Danau Toba 2023, Komitmen Dukung Reli Dunia

Lagi-lagi langganan juara balap mobil Sentul itu dengan segudang pengalaman dan skill-nya meng-overtaking Haridarma bertahan dalam dua lap. Terakhir pada lap 10, sempat di depan sebentar sebelum akhirnya diambil kembali oleh pebalap Toyota Team Indonesia itu.

Setelah keluar tikungan tiga dan Alvin harus melakukan pengereman maksimal karena mobil Haridarma di depannya tidak bisa belok, itu yang kemudian menjauhkan jarak keduanya hingga garis finish.

"Saya kan sudah bilang, spek mesin kami kalah. Saya masih pakai spek mesin tahun lalu. Hasil dyno test All New Honda Jazz hanya 186 hp, mobil sana 202 hp. Makanya bisa memberi perlawanan dan sempat memimpin beberapa kali itu sudah luar biasa," ujar Alvin. 

Alvin sendiri  tetap tenang. "Tunggu kami di seri 3 nanti. Kami siap memberi perlawanan sepadan. Dengan harapan part racing pesanannya sudah bisa dicangkokkan pada All New Honda Jazz. Di seri ketiga nanti baru akan terjadi fight yang sesungguhnya. Masih ada 5 seri lagi termasuk yang street race di BSD Agustus nanti. Jadi persaingan masih bakal seru," tutur Alvin yang menyatakan balapan dengan lawan sekelas Haridarma sangat enak karena ia begitu fair di lintasan. 

"Part racing itu sudah datang di markas Honda Racing Indonesia menjelang seri pembuka Maret lalu. Tapi, dikembalikan karena spek-nya tak sesuai dengan yang diorder. Karena part racing tidak dijual di pasaran pada umumnya, pesanan baru akan datang seusai seri 2 nanti," lanjut Alvin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya