Pembalap Indonesia Tuntaskan Balapan Ketahanan 4 Jam

Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Awhin Sanjaya dan Yaasiin Gabriel Somma
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Pembalap Astra Honda Motor (AHM), Rheza Danica Ahrens dan Awhin Sanjaya, berhasil menyelesaikan Suzuka 4 Hours Endurance Race di Sirkuit Suzuka, Jepang dengan hasil positif pada Sabtu, 29 Juli 2017. Kedua pembalap muda ini berhasil menempati posisi ketujuh dari 59 tim yang ikut serta pada balapan ketahanan tersebut dengan catatan waktu 3 jam 30 menit dan 55.043 detik.

Sean Gelael Juara Balapan Ketahanan 8 Jam di Bahrain

Mulai dari awal, balap ketahanan tersebut sudah mulai menguras tenaga dari Astra Honda Racing Team. Kondisi cuaca yang berubah hujan mengharuskan tim segera mengganti ban basah sebelum memulai jalannya balap. Meski demikian, Rheza yang memacu Honda CBR600RR langsung mampu mengisi posisi pertama saat bendera start dikibarkan.

"Balapan tahun ini lebih banyak tantangan dan membutuhkan konsentrasi tinggi karena banyak hal terjadi selama balapan seperti cuaca yang berubah dan banyaknya kecelakaan. Fokus harus tinggi dan tim juga harus bekerja keras menentukan strategi yang terbaik," ujar Rheza dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Kunci Pembalap Indonesia Sabet Podium dalam IATC di Qatar

Namun, nasib kurang beruntung dialami oleh pembalap kedua Astra Honda Racing Team tersebut. Awhin sempat melakukan kesalahan saat bendera kuning berkibar di sesi-sesi terakhir balap. Dia melakukan overlaping pembalap yang berada pada posisi belakang sebelum melewati bendera hijau.

Hal ini menyebabkan Astra Honda Racing Team harus menerima penalti dua laps dan harus puas di posisi ketujuh. Padahal, mereka sempat di posisi tiga besar.

Pembalap Indonesia Semakin Banyak yang Go International

"Balapan ini sangat membantu saya dalam meningkatkan fisik dan ketenangan saya. Saya juga banyak belajar mengenai regulasi balap. Ini pengalaman sangat berharga bagi saya untuk menghadapi ajang balap lain," ujar Awhin.

"Semangat para pembalap dan tim sangat luar biasa dan membanggakan. Ini menjadi proses pembinaan dan pembelajaran yang sangat penting bagi pembalap muda dalam meraih mimpinya sampai ke ajang balap tertinggi,” ujar Direktur Marketing AHM, Thomas Wijaya.

Sementara itu, Pembalap Honda Team Asia, Dimas Ekky Pratama dan Ratthapong Wilairot, telah melewati sesi Top 10 Trial dan mencatatkan waktu 2 menit 09,966 detik. Berdasarkan hasil tersebut, Dimas akan memulai balap di posisi 10 dari total 68 team balap yang akan mengikuti ajang Suzuka 8 Hours Endurance World Championship di Suzuka Sirkuit, Jepang, Minggu 30 Juli 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya