Tari Bali Jadi Inspirasi Pebasket Cantik Merpati

Pebasket Merpati Bali, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma jadi salah satu pemain sekaligus ikon klub basket Merpati Bali di musim kompetisi 2017/18. Sebagai talenta asli Bali, Ayu tentunya jadi ujung tombak bagi Merpati untuk bisa memperkenalkan klub ini di kalangan masyarakat Pulau Dewata.

Sapu Bersih Seri 2, Merpati Bali Kuasai Klasemen Srikandi Cup

Sebagai pebasket profesional, Ayu ternyata punya rekam jejak menarik. Awalnya, Ayu mendalami bidang tari.

Kegiatan ini dilakoninya hingga kelas 5 Sekolah Dasar. Tapi, saat Ayu diajak ayahnya menonton sang kakak bertanding basket, ketertarikan pun muncul.

Persaingan Merpati Bali dan GMC Panaskan Srikandi Cup Seri 2

Ayu penasaran dengan dunia basket. "Rasanya kok enak jadi pemain basket," ujar Ayu kepada VIVA.

"Kemudian saya mencoba basket. Karena di SD saya, tidak ada ekstrakurikuler basket, maka latihannya di luar. Tapi, hanya bertahan dua pekan," lanjut dia.

Diikuti 6 Tim, Srikandi Cup 2020 Dimulai di Cirebon

Memang dasar jodoh, Ayu pun kembali menjajal basket saat memasuki masa SMP. Hingga akhirnya, sang ayah mendaftarkan Ayu ke klub basket Merpati.

Perjalanan selama satu jam kerap dilakoni Ayu saat berlatih. Tapi, perjuangan itu akhirnya terbayar.

Di level U-18, Ayu menjadi bagian dari Timnas Indonesia. Bukan cuma itu, dia pun didaulat menjadi kapten saat melakoni kejuaraan Asia di Thailand.

"Kami mencetak sejarah dengan berhasil lolos ke level 1," ujar Ayu.

Berkat basket pula, Ayu bisa mendapat pengalaman bepergian ke luar negeri. Mahasiswi Universitas Esa Unggul itu sempat mengunjungi Amerika Serikat lewat program DBL.

Banyak pengalaman menarik yang didapatkan Ayu. Salah satunya adalah bertemu para bintang Sacramento Kings dan mendapatkan coaching clinic dari mereka.

"Ada pengalaman berbeda yang dirasakan saat ikut coaching clinic di sana. Pemanasan saja sudah seperti latihan di sini," kata Ayu.

Selanjutnya... Jadi Selebgram

Jadi Selebgram

Sejak jadi pebasket profesional, ketenaran Ayu meningkat. Bahkan, dia menjadi seorang selebgram.

Rekan-rekan satu timnya pun kerap bergurau dengannya dengan menyebut dia sebagai pemain yang paling banyak followers di akun instagram.

Memang benar. Sekitar 20.300 pengguna instagram, mengikuti akun Ayu.

 

nine. ????: @mlindaw

A post shared by dewa ayu made sriartha k.d (@ayusriartha) on

Di kampusnya, Ayu juga populer. Banyak yang mengenalnya, meski sebenarnya Ayu tak tahu siapa mereka.

Hal ini juga disebabkan oleh kesibukan Ayu di dunia basket. Ya, Ayu kerap meminta dispensasi saat kuliah karena berbagai turnamen dan kompetisi yang diikutinya.

"Banyak yang menyapa saya. Tapi, saya tak kenal mereka. Bukannya sombong, tapi memang karena jarang masuk, jadi tak begitu kenal," tutur Ayu.

"Memang berat membagi waktunya. Tapi, saya selalu berusaha keras agar bisa mencapai yang terbaik di basket dan akademik," lanjutnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya