Sandiaga Pastikan Jakarta Siap Gelar Piala Dunia Basket 2023

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Indonesia dipastikan terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023, bersama Filipina dan Jepang. Hal ini disambut baik Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

6 Event Olahraga Internasional Sukses Digelar di Indonesia pada 2023, Apa Saja?

"Saya mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia yang sudah dipilih menjadi salah satu dari tiga penyelenggara kejuaraan Piala Dunia Basket di tahun 2023,” kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin 11 Desember 2017.

“Ini adalah sejarah. Jakarta alhamdulillah terpilih menjadi venue bersama Okinawa (Jepang) dan Manila (Filipina),” lanjutnya.

Sejarah Apik Timnas Basket Putri Indonesia di 2023

(Baca juga: Sejarah! Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023)

Sandi mendapat kabar bahagia ini langsung dari Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA), Erick Thohir, yang hadir memimpin tim kandidat pemilihan tuan rumah Piala Dunia FIBA 2023. Langkah Indonesia dalam olahraga ini merupakan tindak lanjut atas permintaan Presiden Jokowi saat mereka berdua meninjau langsung lokasi venue Asian Games beberapa waktu lalu.

Sepakbolanya Dibantai Jepang, Jerman Juara Piala Dunia Basket 2023

Sandi menjelaskan, venue untuk Piala Dunia nanti adalah Istora Senayan. Namun, mengenai hal ini akan disiapkan lebih lanjut setelah berdiskusi dengan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).

"Kita persiapkan lima tahun ke depan agar kita siap sebagai host. Dan juga mudah-mudahan Perbasi bisa menyiapkan timnya yang bisa kompetitif," kata Sandi.

"Mudah-mudahan kita bisa bersaing di ajang yang akan menjadi tonggak sejarah, bukan hanya olahraga bola basket. Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah Piala Dunia. Ini menjadi sebuah catatan tersendiri," ujar Sandi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya