Jadwal Test Event Asian Games 2018

Ilustrasi test event Atletik Jelang Asian Games 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Test event Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dimulai dari tanggal 8 hingga 15 Februari mendatang. Berbagai cabang olahraga akan dipertandingkan untuk meninjau kesiapan venue dan fasilitas penunjang lainnya.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Ada delapan cabang olahraga yang bakal melakukan test event kali ini yaitu, tiga cabang olahraga terukur, tiga cabang olahraga beladiri, dan dua cabang olahraga permainan.

Tiga cabang olahraga terukur adalah angkat besi, panahan, dan atletik, lalu tiga cabang olahraga beladiri adalah taekwondo, pencak silat, dan tinju. Dari cabang olahraga permainan ada basket dan voli indoor.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Tujuan digelarnya test event ini adalah menguji seberapa siap Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dari sisi infrastruktur, sumber daya manusia, dan elemen pendukung lainnya.

Namun sebagai tuan rumah, test event ini juga bisa dijadikan tolak ukur sejauh mana persiapan para atlet untuk berlaga di Asian Games. Mengingat kontingen Merah Putih dibebani target untuk meraih posisi lima besar.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Berikut jadwal lengkap test event:

Panahan

Cabang olahraga panahan mempertandingkan delapan nomor, seluruh partai bakal berlangsung di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno (GBK) pada 8-15 Februari. Pertama, persiapan digelar tanggal 8 dan 9 Februari, lalu dilanjutkan babak kualifikasi dan fase eliminasi pada tanggal 10-13 Februari serta yang terakhir perebutan medali pada 14-15 Februari.

Nomor yang dipertandingkan yakni lima nomor recurve: individu putra, individu putri, beregu putra, beregu putri, dan mixed team serta tiga nomor compound: individu putra, individu putri, dan mixed team. Panahan sendiri diikuti Indonesia, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Laos, Mongolia, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Atletik

Cabang olahraga atletik akan menggelar test event di lintasan SUGBK dengan mempertandingkan 40 nomor, antara lain lari 100 meter, lari 400 meter, lari gawang, tolak peluru, lompat jauh, lompat tinggi, lempar cakram, decathlon, dan heptathlon.

Masa persiapan dimulai pada 9-10 Februari, turnamen sekaligus perebutan medali akan digelar empat hari pada 11-14 Februari mendatang dengan diikuti Indonesia, Taiwan, Hong Kong, India, Jepang, Myanmar, Filipina, Arab Saudi, Sri Lanka, Thailand, dan Malaysia.

Basket 5 on 5

Test event basket 5 on 5 cuma mempertandingkan nomor putra. Nantinya, test event ini melakukan masa persiapan pada 6-7 Februari dan pertandingan akan mulai 8 hingga 10 Februari, selang sehari, perebutan medali akan berlangsung pada 12 Februari.

Test event basket 5 on 5 sendiri akan digelar di Hall Basket GBK. Negara yang turut berpartisipasi adalah Indonesia, India, Thailand, dan Timor Leste.

Tinju

Cabang olahraga tinju akan mempertandingkan tujuh nomor putra dan tiga nomor putri, seluruh partai dalam test event ini berlangsung di Hall C Jakarta International EXPO (JIEXPO), Kemayoran. Setelah persiapan pada 9-10 Februari, jadwal pertandingan yang dilanjutkan dengan penyisihan, perempatfinal, hingga semifinal digelar pada tanggal 11-14 Februari.

Penyerahan medali akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari bagi para pemenang putra dari kelas light fly 49 kg, fly 52 kg, bantam 56 kg, light 60 kg, light welter 64 kg, welter 69 kg, dan middle 75 kg serta pemenang putri dari kelas light fly 51 kg, feather 57 kg, dan light 60 kg itu. Peserta yang turut hadir berasal dari Indonesia, Taiwan, India, Jepang, Filipina, Singapura, Thailand, Korea Selatan, dan Malaysia.

Pencak Silat

Test event pencak silat bakal bergulir di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur yang akan mempertandingkan Kelas B, C, D, E, F, I, dan J putra serta Kelas B, C, D untuk putri. Sementara seni putra dan putri akan mempertandingkan nomor tunggal, ganda, dan beregu.

Secara keseluruhan ada 16 nomor yang akan dipertandingkan di babak eliminasi pada 10-12 Februari, semifinal pada tanggal 13 Februari, dan final serta upacara penutupan pada 14-15 Februari. Negara-negara yang ambil bagian ialah Indonesia, Brunei Darussalam, India, Jepang, Kirgistan, Laos, Filipina, Singapura, Thailand, Uzbekistan, dan Malaysia.

Taekwondo

Cabang olahraga Taekwondo akan memainkan test event selama empat hari, yakni persiapan pada 8-9 Februari dan pertandingan hingga penutupan pada 10-11 Februari, taekwondo mempertandingkan lima nomor masing-masing dari kyourgi putra dan putri.

Adapun, poomsae putra dan putri akan mempertandingkan nomor perorangan serta beregu. Test event ini nantinya berlangsung di Hall B, JIEXPO, Kemayoran, diikuti Indonesia, Hong Kong, India, Laos, Mongolia, Myanmar, Filipina, Korea Selatan dan Malaysia.

Bola Voli Indoor

Seluruh pertandingan nantinya akan berlangsung di Tennis Indoor Hall GBK, test event bola voli indoor melakukan masa persiapan pada 9-10 Februari, selanjutnya babak penyisihan akan digelar pada 11-13 Februari. Dilanjutkan, semifinal pada 14 lalu partai final dihelat pada15 Februari.

Sama seperti basket 5 on 5, voli indoor hanya mempertandingkan nomor putra dengan empat peserta yaitu, Indonesia A, Indonesia B, Hong Kong, dan Jepang.

Angkat Besi

Cabang olahraga angkat besi bakal mempertandingkan 14 nomor, masing-masing tujuh kelas putra (56 kg, 62 kg, 69 kg, 77 kg, 85 kg, 94 kg, dan 105 kg) serta tujuh kelas putri (48 kg, 53 kg, 58 kg, 63 kg, 69 kg, 75 kg, dan +75 kg). Seluruh pertandingan test event angkat besi berlansung di Hall A1 JIEXPO.

Seusai rangkaian proses masa persiapan atlet pada 9-10 Februari, pertandingan akan dimulai pada 11-12 Februari mendatang dengan diikuti oleh atlet-atlet yang berasal dari Indonesia, Brunei Darussalam, Arab Saudi, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya