Asian Games 2018 Jadi Panggung Ondel-ondel Untuk Mendunia

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA – Asian Games 2018 akan dijadikan ajang bagi DKI Jakarta untuk memamerkan budaya Betawi ke Dunia Internasional. Salah satu yang akan ditunjukkan ke mata Dunia adalah ondel-ondel.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berencana menggunakan Ondel-ondel yang ada di jalan untuk dijadikan ornamen pada sosialisasi perhelatan Asian Games 2018. Sandiaga mengaku dirinya telah membahas rencana tersebut kepada Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (INASGOC) Erick Thohir.

"Saya sudah bicara sama pak Eric Thohir langsung bahwa ini awareness langsung, bahwa setiap ada acara saya sample aja, berapa yang tahu Asian Games akan mulai tanggal berapa, dan masih angkanya berkisar 20 persen Sedangkan kita (DKI) punya lima Car Free Day di lima wilayah DKI, kami ingin gunakan kesempatan itu untuk mensosialisasikan secara masif," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta, Senin 5 Maret 2018

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Sandiaga mengatakan hal tersebut karena prihatin melihat ondel-ondel dijadikan alat untuk mengamen. Selain itu, penggunaan ornamen Ondel-ondel untuk sosialisasi lantaran masih minimnya warga yang belum mengetahui perhelatan Asian Games.

Sandiaga menyarankan nantinya kostum Ondel-ondel yang akan disosialisasikan di jalan atau di setiap event,  diganti dengan kostum tiga maskot Asian Games yakni Bhin-bhin, Kaka dan Atung.

Tak Ada Peran LADI di Asian Games 2018

"Alangkah baiknya kalau mereka diubah menjadi kostumnya untuk enam bulan ke depan menjadi kostum Atung berpasangan dengan Ondel-ondel Betawi, kostum Bhin-bhin dengan Ondel ondel Betawi dan Kaka, itu kan tiga untuk Asian Games Bhin-bhin, Kaka sama Atung," ujarnya

Ketiga maskot Asian Gamrs tersebut juga akan dipasangkan dengan ondel-ondel. "Jadi dengan itu terjadilah asimilasi antara budaya Betawi dengan Asian games. Ini yang langsung dan real juga menciptakan lapangan kerja," jelas Sandi.
 

Tim taekwondo putra Indonesia

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Mantan Ketua Harian Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI), Zulkifli Tanjung melempar kritik untuk pelaksanaan Musyawarah Nasional PBTI. Dia berbicara karena gerah.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023