Eko Yuli Irawan, Hercules Angkat Besi Indonesia 

Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan (tengah)
Sumber :
  • Asiangames.id

VIVA – Nama Eko Yuli Irawan dielu-elukan penduduk Indonesia jelang Asian Games 2018. Dia menjadi salah satu atlet yang dijagokan bisa membawa nama Indonesia harum di event olahraga terbesar se Asia tersebut. 

Magnus Iron Games Cetak Sejarah Dunia Powerlifting Indonesia

Sejarah prestasinya membanggakan, atlet 26 tahun ini sudah mengumpulkan banyak medali di level nasional hingga internasional. Kariernya mulai melejit setelah meraih medali emas di Sea Games 2007 lalu. 

Dan yang paling membuat bangga ketika mampu meraih medali di tiga event Olimpiade secara berturut-turut. Yaitu medali perunggu Olimpiade Beijing (2008), medali perunggu Olimpiade London (2012) dan medali perak Olimpiade Brasil (2016).

Sosok Lisa Rumbewas, Legenda Angkat Besi Indonesia Peraih 3 Medali Olimpiade

Namun, siapa sangka jika Eko Yuli menjadi seorang atlet angkat besi dari ketidak sengajaan. Awalnya olahraga yang dia sukai adalah sepakbola. 

"Ya awalnya tidak di sengaja, main-main aja lihat-lihat kemudian ditawarin sama pelatih. Coba ikut latihan sekitar delapan bulan, lalu ikut kejuaraan dapat medali emas di nasional. Kemudian punya target di level internasional," kata Eko Yuli, yang dilansir situs resmi Kemenpora. 

KONI: Meninggalnya Lisa Rumbewas Jadi Duka Mendalam Bagi Olahraga Papua

"Waktu sekolah dulu, saya sukanya sepakbola. Klub favorit ya Real Madrid," lanjut Eko. 

Di Asian Games 2018 kali ini, dia berharap dapat memberikan hasil maksimal. Targetnya adalah meraih medali emas. 

"Sebelum bertanding kita selalu semua pelatih dan tim pendukung berdoa bareng. Semoga nanti bisa memberikan yang terbaik," tutup Eko. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya