Pembukaan SEA Games 2011 di Palembang

Sea Games Atletik: Rose Herlinda
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Pembukaan dan penutupan SEA Games 2011 dipastikan akan berlangsung di Stadion Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Satu tempat tuan rumah lainnya selain Palembang masih belum ditentukan.

Semula ada empat daerah yang ditunjuk tuan rumah SEA Games 2011. Selain Palembang, tiga daerah lainnnya adalah Jakarta, Bandung dan Semarang.

Namun, dalam Rapat Kabinet Terbatas membahas persiapan Sea Games 2011 di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa 20 Juli 2010, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan tuan rumah hanya akan diberikan kepada dua tempat.

Kepastian ini diungkapkan Ketua KONI Sumsel Mudai Maddang yang juga ikut dalam rapat. Mudai menegaskan Palembang sudah dipastikan menjadi salah satu tuan rumah dan Stadion Jakabaring akan menyelenggarakan pembukaan dan penutupan SEA Games 2011. Pembukaan akan dilakukan pada 11 November 2011.

"Setelah mendengarkan pemaparan persiapan Sumsel oleh Gubernur Alex Noerdin, Presiden SBY meminta pembukaan dan penutupan Sea Games 2011 dilakukan di Palembang," ujar Mudai kepada wartawan, Selasa 20 Juli 2011 sore.

Selain itu Mudai menegaskan bahwa Presiden SBY meminta Sea Games 2011 dilakukan hanya di dua provinsi. Padahal dalam Keppres yang dibuat sebelumnya ada empat tuan rumah yang akan menyelenggarakan tuan rumah.

"Namun setelah melihat kesiapan negara-negara lain seperti Kamboja dan Laos, mereka tidak siap jika dilakukan di empat tempat. Presiden meminta tuan rumah dilakukan di dua tempat untuk efisiensi," kilah Maddang.

Mudai kemudian menegaskan akan ada fasilitas yang dibangun baru dan sejumlah fasilitas akan direnovasi.

"Akan ada dana APBN Rp 200 miliar dari Kemenpora berupa barang dengan pembangunan wisma atlet. Dana APBD Rp 60 miliar akan digunakan untuk melakukan renovasi fasilitas yang sudah ada. Kemudian sejumlah fasilitas baru akan dibangun atas program CSR beberapa perusahaan," pungkas Mudai.

Ria Ricis dan Teuku Ryan Resmi Cerai, MA Hapus Putusan Sidang Dari Website
Ilustrasi Partai Golkar.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

Golkar memang mau tak mau harus mencari Habibie baru walau harus sampai ke dasar tumpukan jerami bila ingin menang absolut di pemilu mendatang, menurut pengamat.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024