INASOC Desak Dana SEA Games Segera Cair

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

VIVAnews - Indonesia SEA Games Organizing Committee (INASOC) mendesak pemerintah agar dana yang sudah dialokasikan guna biaya SEA Games 2011 segera dicairkan. Tiga bulan jelang SEA Games 2011 digelar, INASOC masih mengalami kesulitan dana.

Ketua Harian INASOC, Rahmat Gobel, menyatakan kebutuhan akan dana tak lagi bisa di tawar. Mepetnya waktu persiapan, dengan pembukaan SEA Games 2011 dilakukan 11 November mendatang, membuat INASOC harus kerja ekstra menyelesaikan persiapan.

"Dana itu penting agar kami bisa menyiapkan penyelenggaraan SEA Games. Apalagi sumber dana dari tiket akan masuk kas negara, dan sponsor yg merupakan BUMN juga harus tender terlebih dahulu. Sementara, banyak kegiatan yang harus kami kerjakan. Mulai dari torch relay, upacara pembukaan dan penutupan," ujar Rahmat dalam acara buka puasa bersama salah satu sponsor utama SEA Games, Indofood, di Jakarta, Jumat 12 Agustus 2011.

Dari kebutuhan dana Rp3,1 triliun, Pemerintah dan DPR hanya menganggarkan Rp 1 triliun pada APBN 2010. Pemerintah menjanjikan tambahan anggaran Rp 1,1 triliun yang akan dialokasikan melalui APBN-P 2011. INASOC kemudian mengupayakan sisa Rp1 triliun melalui sponsor.

Sayangnya, Pemerintah kembali memangkas dana pada APBN-P 2011 menjadi Rp700 miliar, atau minus Rp400 miliar dari kebutuhan.

"Kami meminta agar dana, khususnya untuk penyelenggaraan cepat turun. Sekarang ini bukan lagi soal berapa jumlahnya, tapi bagaimana dana yang ada bisa kami gunakan secepatnya. Tinggal sebentar lagi lho ini," ucap Ketua Nasional INASOC Rita Subowo.

"Ada beberapa kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Seperti peralatan pertandingan dan IT. Aspek-aspek tersebut sudah harus tersedia sebelum pertandingan dimulai. Entah bagaimana caranya, yang penting dana itu bisa segera cair sesuai undang-undang yang berlaku," lanjut Rita.

Sementara itu Wakil Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur, Fransiscus Welirang, berharap ada perusahaan Indonesia lainnya yang mengikuti langkah pihaknya menjadi sponsor utama SEA Games 2011. "Saya berharap lainnya menyusul. Intinya kita harus menyukseskan SEA Games ini. Indofood 100 persen mendukung SEA Games," papar Fransiscus.

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun
Tol Tangerang-Merak (Foto Ilustrasi).

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Untuk kendaraan berat sendiri sudah terjadi peningkatan arus lalu lintas sampai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024