ASEAN ParaGames 2011

Solo Akan Gelar Kirab Budaya Sambut ParaGames

Kirab Budaya
Sumber :
  • VIVAnews / Fajar Sodiq

VIVAnews - Untuk memeriahkan penyelenggaraan ASEAN ParaGames 2011 di Solo, Pemerintah Kota Solo akan menggelar kirab budaya sebelum acara pembukaan.

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Rencananya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng dan Walikota Solo, Joko Widodo akan ikut serta kirab tersebut. Keduanya akan menaiki kuda dan berpakaian keprajuritan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwista Solo, Widdi Srihanto mengatakan kirab akan digelar pada Rabu, 14 Desember 2011 sekitar pukul 15.00 WIB. "Substansi kirab budaya itu untuk menyambut penyelenggaraan ASEAN ParaGames yang akan diikuti 11 negara," kata Srihanto, Senin, 12 Desember 2011.

Kirab itu akan dimulai dari lapangan Kota Barat hingga Balaikota Solo. Pada barisan pertama akan ditempati oleh pembawa obor ParaGames dari Mrapen.

"Nanti Menpora dan Pak Jokowi (Walikota) akan naik kuda dalam kirab budaya itu. Beliau juga akan mengenakan busana pangeran keprajuritan seperti mengenakan beskap dan ikat kepala," terangnya.

Bahkan, sebanyak empat kereta kencana akan ikut meramaikan acara kirab. Kereta tersebut terdiri dari satu kereta besar dan tiga kereta biasa.

Selain itu, kirab budaya akan dimeriahkan oleh 30 kelompok kesenian budaya, baik dari Solo maupun luar kota. Tak hanya itu,  prajurit Kraton Solo pun dikerahkan dalam kirab tersebut.

"Nanti panggung kehormatan akan ditempatkan di depan Plaza Sriwedari. Kirab itu juga akan diikuti oleh atlet ParaGames," paparnya. (eh)

Laporan: Fajar Sodiq/ Solo

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Simulasi Makan Siang di Tangerang, Menko Airlangga Hartarto

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Program makan siang gratis yang diusung oleh Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diperkirakan membutuhkan 6,7 juta ton beras per tahunnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024