Tantangan Berat Atlet Muslim di Olimpiade

Atlet lari Kanada, Mohammed Ahmed
Sumber :
  • hostmadison

VIVAnews - Tantangan berat menanti lebih dari 3 ribu atlet Muslim pada ajang Olimpiade London 2012. Sebagian atlet Muslim tetap menjalani ibadah puasa, sebagian lagi memutuskan untuk tidak berpuasa.

Akhir pekan ini umat Muslim di seluruh dunia mulai menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Dengan Olimpiade London akan dimulai 27 Juli mendatang, 3 ribu atlet Muslim harus menentukan pilihan dalam hal berpuasa.

Atlet Kanada keturunan Somalia, Mohammeh Ahmed, contohnya. Pelari nomor 10 ribu meter itu memutuskan untuk tidak berpuasa selama tampil di Olimpiade London.

"Mohammed Ahmed adalah Muslim dan akan menjalani Ramadan setelah kompetisi di Olimpiade, dia tidak akan berpuasa sebelumnya. Mo adalah satu-satunya atlet di kontingen kami yang masuk kategori itu," ujar Ketua Atletik Kanada, Mathieu Gentes, seperti dilansir The Globe and Mail.

Hal yang sama dilakukan pedayung Inggris Raya, Mohamed Sbihi. Atlet kelahiran 27 Maret 1988 itu memutuskan untuk menunda kewajiban di bulan Ramadan setelah melakukan konsultasi dengan pemuka agama Islam di Inggris.

Sbihi rencananya akan mengganti puasa dengan memberi makan kepada 60 kaum miskin di tanah kelahiran sang ayah, Maroko, untuk setiap hari puasa yang tidak dijalaninya.

Lain lagi dengan atlet asal Aljazair, Khaled Belabbas. Pelari nomor halang rintang itu akan tetap menjalani puasa. Belabbas menilai agama jauh lebih penting baginya daripada olahraga. "Saya akan tetap puasa, seperti biasanya. Ini bukan suatu yang berlebihan buat saya," tegas Belabbas.

Untuk ajang Olimpiade London 2012, Komite Olimpiade Internasional (IOC) sejak awal telah memberi rentang waktu antara 15 Juli hingga 31 Agutus untuk menggelar event ini. Pemilihan waktu itu sudah diberikan IOC sejak proses bidding mulai 2003.

Penyelenggara Olimpiade London (LOCOG) mengajukan jadwal 27 Juli 2012-12 Agustus 2012 pada 2006. Dan juru bicara LOCOG, Joanna Manning Cooper, menegaskan pihaknya tidak mengetahui jadwal tersebut akan bersamaan dengan bulan Ramadan.

Sejumlah atlet Muslim Indonesia sendiri memutuskan untuk . Tunggal putra bulutangkis Indonesia, Taufik Hidayat, dan ganda campuran Tontowi Ahmad mengaku akan menunda puasa. (adi)

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!
Persebaya Surabaya vs Dewa United

Hasil Liga 1: Dewa United Bantai Tuan Rumah Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya harus mengakui keunggulan Dewa United dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Selasa sore, 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024