Kilas 2012: Doping Lenyapkan Tujuh Gelar Tour de France Armstrong

Lance Armstrong kehilangan tujuh gelar Tour de France karena doping
Sumber :
  • Zimbio

VIVAnews – Nama Lance Armstrong tak lagi tercatat sebagai legenda balap sepeda bergengsi Tour de France. Pria berkebangsaan Amerika Serikat itu harus menyudahi kiprahnya lantaran tersangkut masalah penggunaan doping.

Secara mengejutkan, pada pertengahan Oktober 2012, Badan Anti-Doping AS (USADA) melakukan tes kebohongan terhadap Armstrong guna membuktikan tuduhan. Selain itu, USADA juga menghadirkan 26 orang saksi termasuk 11 mantan rekan setim Armstrong.

Lalu, pada akhir Oktober, Persatuan Balap Sepeda Internasional (UCI) akhirnya memutuskan untuk mencabut tujuh gelar juara Tour de France yang diraih Armstrong (1999-2005). Pria kelahiran Texas itu juga dilarang berkecimpung lagi di dunia balap sepeda.

“UCI telah menjatuhkan sanksi terhadap Lance Armstrong, dilarang bersepeda selama hidupnya. Tidak ada lagi tempat baginya di dunia balap sepeda,” ujar Presiden UCI, Pat McQuaid seperti dilansir Sky Sports.

Armstrong pasrah menerima hukuman tersebut meski selalu membantah telah menggunakan doping. Pria 41 tahun yang berjuang memerangi kanker testis ini lantas mengganti keterangan profilnya di akun jejaring sosial Twitter, @lancearmstrong.

Sebelumnya, Armstrong menuliskan keterangan profilnya 'Ayah dari lima anak yang mengagumkan, juara tujuh kali Tour de France, pejuang kanker seumur hidup, dan atlet triatlon paruh waktu'.

Kini, tulisan itu berubah menjadi 'Membesarkan lima anak. Berjuang melawan kanker. Berenang. Bersepeda, lari, dan bermain golf setiap waktu kalau bisa'.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Armstrong pun terancam kehilangan medali perunggu yang diraihnya saat Olimpiade 2000. Komite Olimpiade Internasional (IOC) tengah menyelidiki torehan Armstrong di Sydney, Australia, tersebut. (ren)

Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024