Indonesia Sabet 3 Emas di Kejuaraan Taekwondo ASEAN

Taekwondoin Indonesia, Hianwi Fardim (tengah),
Sumber :
  • YUTI
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
- Indonesia sukses menyabet tiga medali emas pada Kejuaraan Taekwondo ASEAN (ATF) ke-11 di Nay Pyi Taw, Myanmar, akhir pekan ini. Medali emas baru diraih Indonesia pada hari terakhir kejuaraan, Sabtu 11 Mei 2013.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Ketiga medali emas itu masing-masing diraih melalui kategori yunior kelas under 73 kilogram putra melalui Tiekpho Ivander. Taekwondoin muda Indonesia tersebut meraih kemenangan angka 6-3 atas wakil Malaysia, Khir Amir Salam.
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa


Medali emas juga diraih Hianwi Fardim yang berjaya di kelas under 78 kilogram putra. Taekwondoin asal Batam itu sukses mengalahkan taekwondoin asal Filipina, Alejandro Joel Felipe. Hianwi tidak perlu susah payah untuk merebut medali emas, pasalnya Alejandro tidak dapat melanjutkan pertandingan akibat cedera kaki.


"Cedera yang dialami oleh taekwondoin Filipina karena sempat terjadi jual beli tendangan di ronde pertama, sehingga dia tidak bisa melanjutkan pertandingan," ujar pelatih Satriyono usai laga final di kelas tersebut.


Medali emas terakhir dihasilkan melalui kelas under 44 kilogram putri melalui Dinda Meirisia, yang menang tipis atas Inna Dio Nio dari Filipina. Total Indonesia meraih tiga medali emas, lima perak dan 13 perunggu di Kejuaraan ATF 2013 ini.


Seluruh taekwondoin Indonesia yang berlaga di kejuaraan ini berasal dari Universal Taekwondo Indonesia  Profesional (UTI Pro). Pembina UTI Pro dan YUTI, Grand Master Lioe Nam Khiong mengaku cukup puas dengan hasil yang diraih Indonesia.


"Secara umum, hasil ini cukup baik. Namun, belum yang terbaik dibanding dengan kekuatan beberapa negara di kawasan Asia Tenggara ini. Saya senang bisa memberikan konstribusi perangkat pertandingan dan sumber daya manusia," ujar Lioe Nam Khiong.


Lioe Nam Khiong sendiri mengatakan pihaknya akan menggelar turnamen Internasional Best Of The Best UTI Pro di Yogyakarta, Juni 2013. Event tersebut sekaligus dijadikan sebagai ajang seleksi taekwondoin yang akan diterjunkan ke Korea Open, Juli 2013. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya