Indonesia Baru 2 Emas, Menpora Tak Panik

Roy Suryo
Sumber :
  • VIVAbola/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, tidak khawatir dengan perolehan medali duan tumah Myanmar pada ajang SEA Games 2013. Roy tetap optimistis Indonesia memenuhi target 120 medali emas dan kembali menjadi juara umum di SEA Games 2013.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Hingga Minggu 8 Desember 2013, Myanmar masih memimpin perolehan medali SEA Games 2013. Tuan rumah sudah meraih 8 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Di posisi kedua ada Malaysia dengan 2 emas, 4 perak dan 8 perunggu, disusul Thailand dengan 2 emas, 2 perak dan 1 perunggu.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


Indonesia masih berada di peringkat empat dengan torehan 2 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu. Dua medali emas Indonesia diraih dari cabang wushu melalui Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi.


Menanggapi perolehan medali Indonesia yang mulai tertinggal jauh dari Myanmar, Roy mengaku tidak panik. Menteri 45 tahun itu tetap yakin Indonesia mampu memenuhi target 120 medali emas. Meski begitu, Roy mengkritik strategi Myanmar sebagai tuan rumah SEA Games 2013.


Pasalnya, cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games kali ini sebagian bukanlah nomor-nomor utama pada pesta olahraga multi event dua tahunan itu. Kondisi tersebut diyakini Roy membuat Myanmar saat ini sukses memimpin daftar perolehan medali.


"Dengan strategi yang dilakukan, saat ini saja Myanmar sudah meraih 8 emas. Tapi kami tidak ingin mengalihkan masalah itu, karena target kami tetap 120 medali emas. Bila target itu bisa diraih, maka bisa dipastikan Indonesia juara umum," ujar Roy seperti dikutip dari situs Kemenpora.


Mengenai bonusb atlet, Roy mengatakan pihaknya sedang mengupayakannya dengan memasukkan anggaran pada APBN 2014. "Tinggal tunggu pencairan dan jadwal dari Menteri Keuangan saja. Besarannya Insya Allah sama dengan SEA Games 2011," tegasnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya