Ingin Selenggarakan Asian Games 2019, RI Butuh Dukungan

Rita Subowo
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Indonesia tengah bersiap dalam mengajukan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2019, setelah Hanoi, Vietnam mengundurkan diri. Namun, ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mengatakan hal tersebut harus didukung semua pihak.

Rita yakin pemerintah juga akan mendukung penuh pengajuan diri Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2019 menggantikan Vietnam. Dia berkaca saat proses bidding, di mana kala itu pemerintah menunjukkan keseriusan.

"Kami melakukan bidding itu karena sudah ada komitmen dari pemerintah. Komite Olimpiade Internasional (IOC) sendiri belum memberikan sinyal-sinyal, tapi mereka mau membantu dengan mengirim tim untuk meninjau kesiapan," kata Rita.

Seperti diketahui, Indonesia, dengan Surabaya sebagai kota penyelenggara, mencalonkan diri (bidding) menjadi tuan rumah Asian Games 2019. Namun, pada 8 November 2012, Surabaya dikalahkan Hanoi, Vietnam dalam proses bidding.

Kendati demikian, dalam perjalanannya sebagai tuan rumah Asian Games 2019, Vietnam menyatakan mundur. Alasannya, biaya yang diperlukan sangatlah tinggi, sedangkan kondisi perekonomian negara tersebut tengah dilanda krisis.

Rita pun berharap dalam proses pengajuan ini yang kedua ini, segala permasalahan yang terjadi, segera diselesaikan. Salah satunya adalah soal kisruh permasalahan pengguanaan logo lima ring oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Ditegur IOC

Seperti diketahui, KONI dikabarkan mendapat teguran dari IOC terkait penggunaan lima ring pada logo tersebut. Pasalnya KONI dianggap melanggar Hak Cipta IOC.

Selain itu, ada juga surat yang ditujukan kepada Menpora Roy Suryo, yang juga berisi terguran tentang penggunaan logo lima ring oleh KONI tersebut. Menurut Rita, semua pihak mesti membicarakan masalah ini dengan serius agar terhindar dari sanksi IOC.

"Kendala utama yang harus diselesaikan adalah jangan lagi ada konflik di antara petinggi-petinggi di bidang olahraga. Kita harus duduk bersama dengan Menpora, KONI, dan seluruh anggota PB," ujar Rita kepada wartawan. (ren)

Lihat artikel menarik lainnya d

Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015
Yapnas Charity Golf Tournament 2013

GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda

Turnamen golf GGI 2015 akan dihelat pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2015