45 Ribu Pelari Meriahkan Independence Day Run 2014

Peserta lomba maraton Independence Day Run di Jakarta 31 Agustus 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVAnews
GGI 2015: Ajang Pertarungan Pegolf Muda
- Suasana meriah terlihat di sekitar Monumen Nasional, Jakarta, Minggu 31 Agustus 2014 pagi. Masih dalam semangat perayaan hari kemerdekaan ke-69 Republik Indonesia, Istana Negara menyelenggarakan Independence Day Run 2014. Tercatat sekitar 45.000 pelari ikut menyemarakkan lomba lari ini.

Perlu Terobosan Baru untuk Angkat Prestasi Indonesia

Independence Day Run edisi kedua ini mendapat sambutan yang sangat meriah. Ribuan pelari sudah terlihat memadati Monas sejak pagi hari. Start lomba lari marathon 17K dan 8K itu dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan juga Wakil Presiden Boediono.
Atlet Indonesia Torehkan Rekor di APG 2015


Para peserta yang menggunakan kostum putih menyusuri jalur lomba yang terbentang dari Monas sampai Al-Azhar. Untuk para peserta 17K, pelari mengambil start dari depan Istana Negara, ke arah jalan MH Thamrin, Bundaran HI, lanjut ke jalan Jenderal Sudirman, Semanggi dan Senayan, sebelum memutar balik di masjid Al-Azhar.


Untuk kategori 8K, para pelari sudah berputar di daerah Setiabudi. Peserta lomba marathon 17K dan 8K ini masih didominasi kaum pria. Namun, tak sedikit wanita yang terlihat ikut menyemarakkan Independence Day Run 2014.


"Sudah pasti semangat dong. Apalagi ikut merayakan ulang tahun Indonesia. Jadi harus semangat, sekalian olahraga biar sehat," ujar Nindi, warga Kampung Melayu yang menjadi peserta Independence Day Run 2014, pada
VIVAnews
.


Independence Day Run 2014 juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para peserta. Total hadiah mencapai Rp700 juta dan 11.000 medali, akan diberikan kepada peserta dengan catatan waktu terbaik.


Atlet nasional, Agus Prayogo dari Secapa TNI AD, berhasil menjadi yang tercepat di nomor 17K putra dengan catatan waktu 54.00 menit. Sedangkan Meri Paijo dari Pasi NTT, mencatatkan waktu terbaik dari nomor 17K putri.


Selain lomba marathon, Istana Negara juga mengadakan Pesta Rakyat yang terdiri dari lomba khas 17 Agustusan, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, lomba bakiak, sampai panjat pinang.


Pameran Alutsista TNI, yang terdiri dari 2 tank leopard dan 8 panser Anoa produksi PINDAD, serta penampilan Drumband Akmil Lokananta, juga meramaikan Independence Day Run kali ini. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya