Minim Lahan, Tiongkok Bangun Trek Lari di Atap Sekolah Dasar

Sekolah dasar dengan trek lari
Sumber :
  • dailymail
VIVAnews
KPU: Andai Anies-Cak Imin Menang, Apa Tetap Persoalkan Pencalonan Gibran?
- Lahan menjadi halangan bagi negara dengan penduduk padat seperti Tiongkok untuk membangun fasilitas olahraga. Tapi, sebuah sekolah dasar di Tiantai, Provinsi Zhejiang, membuat terobosan untuk mengatasi masalah tersebut.

KPU Ungkap Kubu Anies dan Ganjar Tak Pernah Ajukan Pembatalan Pencalonan Gibran

Berlokasi di lingkungan padat serta lahan yang amat sempit, sekolah dasar dengan 1.600 siswa itu tetap berupaya memfasilitasi peserta didiknya dengan membangun sebuah trek lari.
Pemudik Sudah Bisa Manfaatkan Mudikpedia


Ya, mereka membuat trek tersebut di atas atap gedung sekolah dengan panjang 200 meter dan sudah mulai digunakan sejak awal September ini.


Trek tersebut tentunya dirancang sedemikian rupa dengan mempertimbangkan banyak hal termasuk faktor keselamatan. Karena itu, LYCS Architecture selaku kontraktor, membuat pagar besi berlapis di sekeliling lintasan.


Di sana juga dilengkapi kamera untuk mengawasi kegiatan para siswa. "Ini mematahkan tradisi sekaligus menjadi solusi bagi sekolah yang tak memiliki banyak lahan," kata kepala arsitek, Ruan Hao dikutip
Archinect.com.


Dijelaskan bahwa tiap lantai gedung sekolah diberi lapisan untuk meredam suara serta getaran yang sekiranya dapat mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Rencananya, desain sekolah tersebut akan ikut dipresentasikan dalam acara 14th Venice Architecture Exhibition, akhir tahun nanti. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya