Surat Terbuka Chris John untuk Teroris yang Getarkan Jiwa

Chris John
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Sebuah surat terbuka dituliskan mantan petinju nasional, Chris John. Mantan juara tinju dunia itu mengecam aksi teror bom dan penembakan di kawasan Thamrin, Jakarta.

Demi Regenerasi, Chris John Cari Bibit Petinju
 
Aksi teror mengerikan itu terjadi Kamis, 14 Januari 2016, lalu yang menewaskan 8 orang dan 34 orang lain alami luka-luka.
Aman Abdurrahman Segera Bebas, Pemerintah Bingung
 
Tindakan biadab ini langsung menimbulkan kecaman dari berbagai elemen masyarakat. Tak terkecuali dari para atlet, salah satunya Chris John. Lewat surat terbuka di media sosial, Chris John menyampaikan perasaan murka terhadap para teroris.
Dua Terduga Teroris di Malang Sudah Merencanakan Teror
 
Berikut surat terbuka tulisan mantan juara dunia kelas bulu WBA tersebut:
 
"Surat terbuka untuk tuan teroris di mana pun kalian berada.
 
Maaf tak mengucapkan salam, karena aku tidak tahu apa agamamu dan apa yang kau percayai.
 
Kitab apa yang kau baca hingga kau merasa paling benar, kitab mana yang mengajarkan membunuh orang di luar peperangan?
 
Pemimpin mana yang kau ikuti hingga langkah yang kau ambil melampaui ajaran para Nabi? Ibu mana yang melahirkanmu hingga mati rasa belas kasihmu?
 
Ayah mana yang membimbingmu sehingga rasa ketakutan yang kau cipta dalam aksimu?
 
Makanan apa yang mengalir ke tubuhmu sehingga kau merasa terpilih sebagai mesin pencabut nyawa?
 
Pakaian apa yang kau pakai hingga kau merasa gagah, tak tersentuh neraka?
 
Kalau kau pikir tindakanmu akan mencapai mimpimu, maka akan jauh dari itu tumpuan kebencian terarah pada kelompokmu.
 
Bagaimana mimpimu membangun peradaban tanpa ada simpati dari manusia?
 
Alih-alih menegakan kebenaran yang lahir justru antipati.. ketakutan.. makin lama generasi ini makin jauh dari agama.. Takut dengan agama, saat itu tiba, kau ikut bertanggung jawab mengatheiskan dunia ini.
 
Pasti kamu bukan representasi Islam, pasti juga bukan representasi Nasrani, Hindu, Budha.
 
Agama yang kutahu mengajarkan cinta kasih sesama manusia, kelembutan, kesabaran. Sembah pada Tuhan seharusnya menghindarkan perbuatan keji dan munkar.
 
Boradcast sebanyak-banyaknya surat terbuka untuk teroris ini ke semua grup yang Anda gabung, setidaknya teroris berkurang satu.
 
Salan Perang Lawan Teroris
Indonesiaku Jaya
NKRI Harga Mati"
 
Apa Maksud Surat Terbuka Itu?
 
Ditanya dalam wawancara via telepon, Chris John mengungkapkan niatnya tulus membuat surat tersebut untuk mencegah terjadinya aksi teror ke depannya. Apalagi banyak kerugian dan korban yang kehilangan.
 
"Untuk bertindak lebih jauh kita harus memikirkan banyak hal, termasuk hubungan manusia dan Tuhan. Menurut saya, sebagai manusia kita tak bisa menghakimi kesalahan orang," tutur Chris John dalam program tvOne, Apa Kabar Indonesia Pagi.
 
"Saya harap surat terbuka ini bisa membuka mata hati mereka," tambah pria asal Banjarnegara tersebut.
 
Ditanya apakah aksi teror tersebut sebuah sikap pengecut, menurut Chris hal tersebut pasti ada pemicu dan doktrin yang bisa membuat para pelaku nekat tanpa berpikir panjang sehingga berani merugikan masyarakat.
 
"Mereka pasti punya tujuan sendiri, tapi poin dari surat ini berpikirlah ulang dari tindakan itu karena tak masuk dalam pembenaran di manapun. Karena itu saya ingin menyuarakan itu dalam surat dan semoga mereka bisa berpikir ulang untuk bertindak lebih jauh," katanya.
 
Ditanya apakah punya pesan langsung kepada para teroris, Chris lebih meminta para pelaku teror untuk berpikir panjang sebelum kembali melakukan tindakan yang bisa merugikan orang tak bersalah.
 
"Mungkin bukan saya saja yang geram tapi semua masyarakat, meminta berpikir ulang sebelum lakukan tindakan yang merugikan orang lain. Harus bisa berpikir panjang, jangan terkena intimidasi atau doktrin dari pihak lain yang tak bertanggung jawab," ujar Chris. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya