Trail Running, Lari Sambil Menikmati Indahnya Alam Indonesia

Ilustrasi trial running
Sumber :
  • runnersworld.com
VIVA.co.id
Yuk, Berlari 200 Ribu KM Sambil Beramal
- Kalau Anda pecinta lari tetapi mulai bosan dengan pemandangan rute lari sehari-hari, coba jajal trail running. Melewati alam liar sambil berolahraga.

Berlari Sambil Beramal untuk Gajah dan Elang Bondol
Trail running adalah olahraga yang memadukan antara lari dengan hiking. Nama populer di Britania Raya dan Irlandia adalah mountain atau fell running. Tak hanya berolahraga, pengalaman spiritual juga menjadi sensasi tersendiri.

Pelari Asian Games Indonesia Juara di TNI International Marathon 2018
Di Amerika Serikat, trail running mulai populer pada pertengahan 2000-an. Bahkan, menurut reportase spesial Outdoor Industry Foundation, tercatat 4,8 juta warga Amerika usia 6 tahun ke atas berpartisipasi dalam trail running di 2009. 

Pada benua Asia, Jepang menjadi negara yang paling gila dengan trail running. Kini mereka memiliki dua even trail running kelas internasional yaitu Ultra-Trail Mount Fuji dan Trans Japan Alps Race.

Lalu bagaimana di Indonesia? Olahraga trail running ini ternyata sangat populer di kalangan mahasiswa dan juga para pecinta alam. Sebuah even nasional pun sudah digelar dalam dua tahun belakangan ini.

Setelah tahun lalu, kini Manglayang Trail Running Pikiran Rakyat (MTR-PR) 2016 bersama Perhimpunan Mahasiswa Pecinta Alam (PMPA) Palawa Universitas Padjajaran di sekitar Gunung Manglayang, Kabupaten Sumedang Jawa Barat, siap menggelar edisi kedua pada 20 Agustus 2016 mendatang.

“Tahun ini kita menargetkan 1.000 pelari bisa ikut even ini, sebelumnya pada 2015 diikuti oleh 700 pelari,” kata Race Director Manglayang Trail Running Pikiran Rakyat 2016, Agus Hermawan.

Kalau tahun lalu lebih bersifat lari saja dan perkenalan terhadap trail running, even tahun ini akan lebih fokus pada perlombaan. Selain itu, kegiatan penanaman pohon di areal gunung kampus Unpad sebagai salah satu bentuk konservasi terhadap alam.

MRT-PR 2016 ini menyajikan tiga kategori yaitu 10 kilometer, 21 kilometer, dan nomor terbaru yaitu 42 kilometer (maraton). Lintasan yang akan dilalui adalah kawasan Gunung Manglayang yang memiliki pemandangan eksotis.

Start dari kawasan kampus Unpad di Jatinangor, Sumedang, para pelari yang memilih jarak 42 km akan menapaki kedua puncang Manglayang yang dikenal sebagai Puncak Bayangan dan Puncak Manglayang.

"Kita sajikan lintasan baru yang lebih menantang dengan pemandangan menakjubkan. Di Jawa Barat sendiri memiliki potensi alam yang luar biasa yang bisa dieksplorasi. Ke depannya kita juga sedang merancang kegiatan serupa di daerah lain yang ada di Jabar," ujar Bobby Victorio Navarro, salah satu panitia MRT-PR 2016.

Pendaftaran Manglayang Trail Running Pikiran Rakyat 2016 telah dibuka dan akan ditutup pada 7 Agustus 2016 atau jika kuota peserta sudah terpenuhi. Pendaftaran bisa melalui website resmi mereka www.manglayangtrailrunning.com.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya