Meriahnya Upacara Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Suasana Stadion Maracana saat upacara pembukaan Olimpiade 2016
Sumber :
  • Reuters/PILAR OLIVARES

VIVA.co.id - Pergelaran seremoni upacara pembukaan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, berlangsung meriah. Sejumlah atraksi memukau dan sajian kebudayaan khas Negeri Samba menjadi tanda dimulainya persaingan pesta olahraga terakbar sejagad raya, Sabtu pagi WIB 6 Agustus 2016.

Tak Raih Medali, Dewi akan Kejar Peringkat Terbaiknya

(Baca juga: Anggaran Kecil, Pembukaan Olimpiade Bakal Ala 'MacGyver')

Berbagai corak dan aksen menarik seolah ikut mewarnai kemeriahan dari ajang multievent paling bergengsi tersebut. Tarian dan aksi treatrikal tersaji dalam bagian awal upacara pembukaan itu.

Mengusung tema "The Birth of Life", atraksi itu pun didukung pula dengan penampilan modern grafis tiga dimensi yang mengagumkan.



Tak hanya itu, ada pula penampilan dari penyanyi Daniel Jobim dan model cantik ternama, Gisele Bündchen, yang melantunkan tembang 'The Girl from Ipanema' langsung mendapat sambutan seisi stadion Maracana.

Musik ala Brasil, termasuk samba dan drum ala karnaval Rio de Janeiro, akan dipertontonkan.

Agenda pun berlanjut dengan digelarnya defile seluruh kontingen para kontestan negara yang bertanding dalam Olimpiade 2016 ini.

Sebelumnya, upacara pembukaan di Stadion Maracana juga bukan tanpa masalah. Tempat duduk yang rendah dan pintu masuk kecil membuat upacara pembukaan nanti tanpa panggung besar atau gerombolan karnaval.

Hendra Setiawan Ungkap Rencana Masa Depan Kariernya

Satu-satunya alat teknologi tinggi yang akan digunakan adalah proyektor video beresolusi tinggi.

Meski memiliki anggaran kecil, yang berkaca pada Olimpiade pertama di Yunani, namun panitia tetap menjanjikan bakal bisa mencuri perhatian 50.000 penonton di dalam stadion dan juga 3 miliar orang penonton televisi sepanjang 3 jam pembukaan.

Meski Komite Penyelenggara Rio 2016 tidak mengungkap berapa dana yang disiapkan untuk pembukaan nanti, menurut beberapa sumber pengeluarannya hanya setengah dari US$42 juta yang dikeluarkan untuk Olimpiade London 2012.

Fehaid Al-Deehani jadi atlet tanpa negara pertama peraih emas Olimpiade

Al-Deehani, Atlet Tanpa Negara Pertama Raih Emas Olimpiade

Dia jadi atlet independen karena negaranya dihukum IOC.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016