Red Silenos, Kuda Penentu Jabar Rebut Juara Umum PON 2016

Kuda kontingen Jawa Barat di PON 2016, Red Silenos
Sumber :
  • VIVA.co.id/Iwan Mulyadi

VIVA.co.id – Red Silenos, salah satu kuda utusan kontingen Jawa Barat, menjadi penentu kemenangan tim Jabar untuk menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 cabang olahraga Pacuan Kuda yang digelar di lapangan pacuan kuda Desa Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Nabila Syakieb dan Suami Dirikan Startup Khusus Berkuda

Pelatih cabang Pacuan Kuda Jabar, Karina Zakatia Saddak, mengatakan Red Silenos berhasil meraih medali emas pada kelas A. 2.200 meter yang mengalahkan 10 ekor kuda pada balapan terakhir.

“Dari target 3 medali emas di nomor pacuan kuda kami mampu menyumbangkan 1 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu,” kata Karina.

Terbongkar Cinta Pertama Nabila Syakieb

Dengan total medali tersebut, maka Jabar berhasil keluar sebagai juara umum. Red Silenos yang berhasil juara pada balapan terakhir pun mendapatkan pujian.

“Red Silenos sengaja kami turunkan di kelas bergengsi karena dia selalu menang di setiap event dan hanya mengalami kalah satu kali oleh kuda asal Jawa Tengah yang saat ini menduduki juara II pada kelas yang sama,” tambah Karina.

Mahal, Olahraga Ketangkasan Berkuda Sulit Berkembang di RI

Sementara Ketua Pelaksana Cabang Olahraga Pacuan Kuda PON XIX/2016 Jenjen mengatakan, pelaksanaan final yang telah dilaksanakan berjalan dengan aman dan tidak ada protes dari Kontingen peserta yang mengikuti perlombaan.

“Masalah wildcard yang diberikan kepada Kontingen Jawa Barat sudah selesai sebelum final dilaksanakan,” kata Jenjen.

Jenjen meambahkan, perolehan medali pun merata dan tidak ada dominasi dari salah satu Kontingen peserta yang mengikuti babak final.

“Jabar mendapat 1 medali emas 2 perak dan 2 perunggu, Jawa Tengah mendapat 1 emas 2 perak dan 1 perunggu, DKI dan DIY masing-masing 1 medali emas," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya