Cara Cegah Atlet Renang Indonesia Terjebak Doping

Olahraga renang.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Isu seputar penggunaan doping dalam dunia olahraga kerap menjadi sorotan global belakangan ini. Hal ini pula yang menjadi salah satu fokus perhatian Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).

Reza Rahadian Akui Sempat Jadi Atlet Renang Profesional Sebelum Terjun Akting

Seiring makin variatifnya jenis zat yang masuk kategori doping, antisipasi mulai dilakoni induk olahraga akuatik Tanah Air tersebut. Langkah ini diambil mengingat telah bergulirnya proses seleksi nasional (Seleknas) cabang-cabang akuatik menuju persiapan ke pentas SEA Games 2017 Malaysia pada Agustus mendatang.

Pendampingan tim dokter dan metode edukasi kepada semua elemen menjadi salah satu upaya konkret PB PRSI menangani hal tersebut.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Doping merupakan bagian penting dari pengkajian PB PRSI ke depan. Kami akan bekerja sama dengan Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) mengedukasi Pengurus Provinsi (Pengprov) hingga para atlet pelatnas guna mendapatkan pemahaman yang lengkap," ungkap Wakil Ketua Umum V PB PRSI, Syamsurizal, kepada VIVA.co.id.

"Selain itu, nantinya para atlet tim akuatik juga wajib berkonsultasi dan mendapat pendampingan dari tim dokter terkait semua obat atau zat yang akan dikonsumsi. Tak bisa lagi atlet kalau masuk angin minum obat sembarangan atau vitamin yang tidak disarankan tim dokter," tegasnya.

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Sejumlah insiden memang kerap mencuat terkait polemik doping di dunia olahraga. Kasus petenis Maria Sharapova dan lifter asal Siprus serta perenang Rusia pada Olimpiade Rio 2016 lalu juga jadi gambaran doping kerap jadi problem di arena olahraga. (one)

Ketua Umum Federasi Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Akuatik Indonesia resmi berganti nama menjadi Federasi Akuatik Indonesia. Perubahan ini disahkan dalam Musyawarah Khusus atau Munasus 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2024