Timnas Renang Indonesia Pede Adu Kuat di SEA Games

Atlet renang Indonesia
Sumber :
  • Bobby Andalan (Bali)/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI), Anindiya Bakrie, yakin cabang olahraga akuatik bisa berbicara banyak pada SEA Games 2017 mendatang dengan menyumbang banyak emas.

Fadlan Prawira Kembali Pecahkan Rekor Nasional di SEA Games 2019

Prestasi Indonesia di cabang renang belakangan tengah meredup, dengan hanya mendapatkan satu medali emas saja di SEA Games 2015 lalu. Tetapi, peningkatan diyakini bakal terjadi di Malaysia Agustus nanti.

"Dari cabang olahraga renang kita lihat dari hasil di Thailand lalu, atlet renang pria kita unggul. Perenang wanita juga sudah terlihat prestasinya dan mereka sudah semakin matang," papar Anindya.

Siman Sudartawa Sulit Makan di Kampung Atlet SEA Games 2019

"Di SEA Games pelatih polo air optimistis mampu meraih medali emas. Coach Anna (Nasekina) juga selalu memastikan jika atlet renang indah kita akan berprestasi di SEA Games," lanjutnya.

Ditanya soal target, Anin tidak mengatakan jumlah khusus namun menginginkan ada peningkatan dari beberapa SEA Games sebelumnya yang tidak pernah dapat dobel digit.

Langkah Apik PB PRSI Jelang Indonesia Open Aquatic Championship 2018

"Soal target, kalau kita lihat dua tahun lalu kita mendapat satu medali emas. Dua tahun sebelumnya itu lima medali emas. Dua tahun sebelumnya lagi itu enam medali emas. Target kita tentu lebih baik dari perolehan prestasi atau medali sebelumnya," kata Anindya.

?Pada ajang SEA Games, ada 45 medali emas yang akan diperebutkan. Dari jumlah itu, 38 medali emas diperebutkan untuk renang sisanya masing-masing untuk polo air, loncat indah, renang indah dan lainnya.

"?jadi kalau sebelumnya satu medali emas, kita percaya bisa lebih baik dari itu. Begitu juga 2019 mesti lebih baik lagi. Ujungnya prestasi itu ada di medali. Kita tidak ingin membangun tahun pertahun, tapi satu dekade," ujarnya.

Tak hanya SEA Games, Ia juga berharap Indonesia mampu memberi warna dan menorehkan raihan medali emas di pentas lebih tinggi seperti Asian Games. Sebabnya, 25 tahun Indonesia paceklik prestasi, dalam hal ini perolehan medali emas.?

"Kita sudah 25 tahun tidak dapat medali di ASEAN Games. Tahun depan ada di Indonesia. Itu tantangan kita. Kita harus mencoba yang terbaik. Kita harus saling mendukung. Sea Games penting untuk kita mempersiapkan diri menuju ASEAN Games tahun depan," kata Anin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya