Akuatik Penyumbang Medali Terbanyak Indonesia di ISG

Della Dinarsari Harimurti (kanan)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Cabang akuatik menjadi penyumbang mendali terbanyak bagi kontingen Indonesia di ajang Islamic Soolidarity Games 2017. Total tiga emas, 20 perak dan 14 perunggu mampu dipersembahkan.

Akuatik Indonesia Resmi Ganti Nama Jadi Federasi Akuatik Indonesia

Atas pencapaian itu, Wakil Ketua Umum PB PRSI Harlin Rahardjo mengaku sangat bangga. Tapi, dia juga berpesan, agar prestasi itu tidak membuat terlena.

"PB PRSI bersyukur dan bangga akuatik dapat menjadi penyumbang medali terbanyak untuk Indonesia dengan total 3 emas 20 perak dan 14 perunggu di ISG baku 2017.  Namun saya harap para atlet dan pelatih jangan terlena dengan pencapaian ini," kata Harlin.

Millennium Aquatic Jakarta Juara 8 Kali Kejurnas IOAC 2023

"Tim masih harus bekerja lebih keras lagi untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan  yang ada, baik aspek teknis dan non teknis demi meraih puncak prestasi di SEA Games," jelasnya.

Perunggu di hari terakhir

Indonesia Lolos Final Renang Estafet Campuran Asian Games 2023

Minggu, 21 Mei 2017, loncat indah menambah medali perunggu melalui Della Dinarsari Harimurti di nomor papan tiga meter putri. Della mengumpulkan total nilai 168,75 poin. Medali emas diraih Olga Bykovskaia dari Azerbaijan dengan 223,10 poin dan medali perak Yaprak Seli Keskin dari Turki 177,40 poin.

Ini merupakan medali kedua Della, sebelumnya mendapat medali perak dari nomor menara putri.
Total, loncat indah menyumbang tiga perak dan satu perunggu di ISG.

Dijelaskan manajer tim loncat indah, Pranarta, Della merupakan spesialis nomor menara. "Walau pun Della peloncat spesialis menara, namun performanya di nomor papan individu, lumayan," jelasnya.

Ditambahkan, Pranarta, tuan rumah lebih unggul di faktor Kesulitan (Degree of Difficulty). "Namun kedepan ada beberapa teknik loncat yang perlu ditingkatkan buat Della. Misalnya Faktor Difficulty lompatan. Ini memang jadi perhatian khusus untuk meningkatkan Faktor kesulitan," jelas Pranarta.

Rencananya, lanjut Harlin, loncat indah akan latihan di Cina bulan Juni dan akan berujicoba di Macau serta Budapest. Sedangkan tim renang akan uji coba ke Perancis dan Budapest.

Untuk polo air putra akan uji coba ke Serbia, menggelar uji tanding dengan klub-klub lokal. Sedangkan polo air putri, beruji coba ke Sidney atau Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya