3000 Pegowes Jelajahi Indahnya Tabanan

Gowes Pesona Nusatara Tabanan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Udara sejuk Tabanan mengiringi 3000 pegowes mengayuh sepedanya sejauh 26 km dari depan kantor Bupati Tabanan menuju monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana dan kembali lagi menuju kantor Bupati Tabanan dalam perhelatan Gowes Pesona Nusantara, salah satu program unggulan Kemenpora melalui tagline Ayo Olahraga, Minggu 30 Juli 2017.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Sekda Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa bersama dengan Deputi I Kemenpora Bidang Pemberdayaan Pemuda Prof. Dr. Faisal Abdullah, SH., M.Si., DFM, mengibarkan bendera start tanda melepas Gowes Pesona Nusantara etape Margarana I Gusti Ngurah Rai itu.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, I Nyoman Wirna mengatakan bahwa pihaknya sangat gembira telah ditunjuk oleh Kemenpora menjadi salahsatu titik perhelatan Gowes Pesona Nusantara, karena melalui momentum ini dijadikan kebangkitan olahraga Tabanan yang "Serasi" yaitu sejahtera, aman dan berprestasi.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Peserta yang melakukan start di jalan Pahlawan (depan Kantor Bupati Tabanan) mengambil rute menuju jalan Gajah Mada Tabanan kemudian mengarah ke Candi Margarana, melewati pedesaan serta pematang sawah yang tertata rapih. Sampai disana mereka beristirahat sambil berwisata kemudian melanjutkan perjalanan kembali menuju finish yang terletak di kantor Bupati.

Hal tersebut sesuai dengan misi Gowes Pesona Nusantara yakni selain berolahraga juga berusaha mengangkat destinasi wisata sebuah daerah, serta terus memperkuat rasa nasionalisme dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui penyatuan tanah dan air dari 90 kabupaten/kota yang akan dijadikan monumen Tanah dan  Air di kawasan Gunung Tidar, Magelang, Jawa Tengah yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2017 pada 9 September mendatang.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

Kita ketahui bersama bahwa Gowes Pesona Nusantara merupakan implementasi gerakan Ayo Olahraga guna terciptanya pembudayaan olahraga dimasyarakat dengan harapan dapat menggelorakan, mengajak, menggerakkan dan mengakomodasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui aktifitas olahraga khususnya dengan bersepeda.

"Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora, karena Tabanan ditunjuk sebagai salahsatu daerah pelaksanaan Gowes Pesona Nusantara, sehingga akan memacu warga masyarakat Tabanan untuk berpola hidup sehat di mana olahraga dijadikan sebagai gaya hidup dan tak menuntut kemungkinan lahirnya atlet-atlet andal untuk membela Indonesia dipentas internasional," tutur Sekda Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa. 

Etape Margarana I Gusti Ngurah Rai ini bisa dikatakan etape terpanjang dengan jarak 26 km jika dibandingkan dengan perhelatan Gowes Pesona Nusantara di daerah lainnya dengan medan yang menanjak serta menurun. Namun itu semua tak menyurutkan semangat ribuan peserta yang akan bergowes.

"Saya senang dengan kegiatan ini, sambil kumpul-kumpul sesama klub sepeda ontel, kami menikmati pesona alam Tabanan dan berwisata walau harus mengayuh sepeda dengan menaklukkan beberapa tanjakan yang cukup tinggi," tutur Agus Woko, peserta gowes yang tergabung dalam SMOC, Sersan Mayor Ontel Club.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya