Malaysia Resmi Minta Maaf Terkait Bendera Indonesia Terbalik

Bendera Merah Putih Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Malaysia selaku tuan rumah SEA Games 2017 akhirnya meminta maaf kepada Indonesia terkait kesalahan di buku panduan multievent bangsa Asia tenggara itu. Diketahui dalam buku tersebut bendera Merah-Putih miliki Indonesia dicetak terbalik.

Pemain Timnas Juga Sempat Jadi Korban Aksi Kampungan Suporter Malaysia

Hal itu kemudian memicu reaksi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Tengah hadir langsung dalam acara pembukaan SEA Games di Kuala Lumpur, dia mendesak adanya klarifikasi dari Malaysia.

Tak lama berselang, Malaysia pun langsung memberikan tanggapan. Mereka meminta maaf dan menjelaskan kalau kesalahan cetak itu bukan sebuah kesengajaan.

Pemerintah Didesak Segera Perbaiki Kebijakan Olahraga RI

"Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut," tulis pihak MASOC (Malaysia Organising Committe) dalam surat yang dikeluarkan Kementerian Olahraga Malaysia, Sabtu, 19 Agustus 2017, seperti dikutip situs resmi SEA Games 2017.

Selain meminta maaf melalui surat, Malaysia akan mengutus Menteri Olahraga mereka, bertemu dengan Menpora pada Minggu, 20 Agustus 2017 ini, guna menjelaskan duduk permasalahan.   

Bonus Peraih Medali SEA Games Cair Lebih Cepat

"MASOC dan Menteri Belia dan Sukan YB Brig Jen Khairy Jamaluddi akan membuat kunjungan hormat ke atas rekan sejawatnya, Imam Nahrawi pada hari esok untuk sekali lagi memohon maaf bagi pihak MASOC," sambung tulisan itu.

Perenang Indonesia, Triady Fauzi Sidiq.

SEA Games 2019, Perenang Andalan Indonesia Hanya Dapat Perunggu

Padahal SEA Games 2017 dapat emas.

img_title
VIVA.co.id
5 Desember 2019