Malaysia Bakal Tarik Buku Berisi Bendera Terbalik RI

Menpora Indonesia, Imam Nahrawi bertemu Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA.co.id – Pertemuan antara Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi dan Olahraga Republik Indonesia dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, sudah selesai. Keduanya bertemu dan bicara di hadapan media terkait insiden bendera terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017, Malaysia.

Perempuan Pembakar Sang Merah Putih di Lampung Sebut RI Tak Diakui PBB

Secara terbuka, Khairy minta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Dia mengaku hal tersebut sebagai kelalaian pihak penyelenggara dan bisa berimbas buruk terhadap hubungan bilateral Indonesia-Malaysia.

Akhirnya, Khairy pun memutuskan untuk memenuhi permintaan pemerintah Indonesia. Yaitu, menarik buku panduan SEA Games 2017 yang berisi bendera Indonesia yang terbalik dan menggantinya.

SEA Games 2019, Perenang Andalan Indonesia Hanya Dapat Perunggu

"Ini kesalahan yang besar yang bisa menyinggung Indonesia. Sebagai permintaan maaf, saya minta semua buku tak diedarkan. Kami sedang cetak baru lagi dan akan dikirim kembali ke tamu negara yang hadir," ujar Khairy kepada para pewarta di Hotel Shangri La, Bukit Bintang, Minggu 20 Agustus 2017.

"Permohonan maaf secara resmi dikeluarkan oleh Kerajaan Malaysia. Segera dikirimkan surat resmi kepada pemerintah Indonesia," lanjutnya.

Pemain Timnas Juga Sempat Jadi Korban Aksi Kampungan Suporter Malaysia

Permintaan maaf ini sudah diterima oleh Imam. Dia juga minta seluruh pihak bisa bersikap arif dalam menyikapi kasus ini.

"Saya harap ini tak lagi terulang karena bendera negara adalah simbol. Maklumat dari pemerintah Malaysia akan disampaikan ke Presiden Joko Widodo," ujar Imam.

Viral Video Emak-emak Bakar Bendera Indonesia

Viral Video Emak-emak Bakar Bendera Indonesia

Video seorang emak-emak membakar bendera Indonesia viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022