Mendulang Medali SEA Games 2017 di Tengah Keterbatasan

Pertandingan balap sepeda di SEA Games 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Kontingen cabang olahraga sepeda Indonesia mendulang medali di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Dari nomor BMX, dua medali emas mereka dapatkan.

Pesepeda Top Dunia Bakal Panaskan Persaingan di Maybank Cycling Series Il Festino 2024

Selain itu, masih ada satu medali perak, dan empat medali perunggu yang diraih. Capaian ini membuat Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari merasa bangga.

"Apresiasi yang luar biasa kepada para atlet track kita karena mereka baru pertama kali balap di track velodrome yang sesungguhnya dan bisa merebut 1 perak dan 3 perunggu," tutur Okto, dalam pesan singkat kepada wartawan.

Indonesia Berpeluang Kirim Atlet Balap Sepeda ke Olimpiade 2024

Turun berlaga di SEA Games 2017, para atlet sepeda bukan tanpa halangan. Mereka terpaksa berlomba dengan menggunakan sepeda latihan, karena sepeda yang disiapkan untuk turun bertandingan masih tertahan di bea cukai.
 
"Bahkan sepedanya pun masih pakai sepeda sembarangan karena sepeda yang sebenarnya harus dipakai masih tertahan di bea cukai," imbuh Okto.

Harapan Okto ke depan, pemerintah bisa membantu persoalan yang mereka hadapi seperti saat ini. Karena, ketiadaan fasilitas penunjang jelas merugikan. Dengan potensi yang ada, cabor sepeda bisa menjadi tumpuan Indonesia berprestasi lebih tinggi.

Tim Balap Sepeda Indonesia ASC Monsters Juara Umum di Tour of Phuket

"Ke depan kita berharap dapat dukungan dari semua pihak pemerintah karena kalau para pembalap kita dilengkapi dengan perlengkapan yang sama dengan pembalap lain, Insya Allah prestasinya bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Atlet voli cantik Indonesia keceplosan pengen nikah?! Lihat selengkapnya di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya