Lifter Debutan Ini Raih 3 Emas di Kejuaraan Dunia

Lifter Putri Widari (kanan) raih 3 emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Lifter putri Widari membuat debut gemilang dengan mempersembahkan 3 medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Berat di Pilsen, Republik Ceko, 13-18 November 2017. Lifter asal Kalimantan Timur yang turun di kelas 47 kilogram ini sukses meraih emas di tiga jenis angkatan. Widari berhak atas 3 medali emas di jenis angkatan bench press, dead lift dan total angkatan, serta 1 perunggu yang dihasilkan di jenis angkatan squat. 

Jenis Angkatan Squat yang Tewaskan Justyn Vicky, Ternyata Ini Tujuannya

Di bench press, Widari membuat total angkatan tertinggi 135 kg. Kemudian dead lift 180 kg. Sedangkan di jenis angkatan squat, Widari menempati peringkat ketiga dengan 160 kg. Total angkatan yang dibuat lifter putri Kalimantan  timur ini 475 kg.

"Widari adalah pendatang baru. Sejak awal saya sudah memprediksi dia akan mampu membuat kejutan," ujar Manajer Tim yang juga Ketua Bidang Angkat Berat PB PABBSI, Yanto Arifin, melalui pesan singkat,  Rabu, 15 November 2017.

Target Ukir Sejarah, Angkat Berat Sumut Bidik Emas Perdana di PON 2024

Yanto berharap, pencapaian di Kejuaraan Dunia mendapat apresiasi dari PB PABBSI. Diakuinya Angkat Berat memang belum sepopuler Angkat Besi. Kendati demikian Angkat Berat masuk ajang World Games dan Indonesia berpotensi bersaing di ajang tersebut.

"Saya sangat berterima kasih dengan ketua umum yang sangat peduli dengan angkat berat sehingga bisa memberangkatkan kami ke kejuaraan dunia ini," katanya.

Lampaui Target, Angkat Berat Indonesia Gondol 5 Medali Emas

Sementara lifter putri, Imas Kartika, yang turun di kelas 52 kilogram meraih perak di jenis angkatan dead lift 185 kg. Sedangkan lifter putra Dony Meiyanto di kelas 74 kg meraih 1 perak dan 1 perunggu, di jenis angkatan dead lift dan squat.

Tim Angkat Berat Indonesia sementara meraih 3 emas 2 perak dan 2 perunggu. Ini melampaui pencapaian kejuaraan serupa di Orlando Amerika Serikat 2016 yang meraih 2 emas 2 perak dan 1 perunggu. Indonesia masih menyisakan 1 lifter lagi yang akan turun, yakni Muhammad Yusuf di kelas 83 kg. (one)

Atlet para-angkat berat, Abdul Hadi meraih emas pada nomor 49 kg

Atlet Para Angkat Berat Indonesia Raih Medali Emas di Thailand

Cabang olahraga para angkat berat menyumbangkan dua emas bagi kontingen Indonesia di ajang World Abilitysport Games (WAG) 2023.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023