Perenang Siman Sudartawa Raih Penghargaan dari KOI

Perenang Siman Sudartawa Kembali Sumbang Medali untuk Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA – Perenang I Gede Siman Sudartawa mendapatkan penghargaan dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI) berkat pencapaiannya memecahkan rekor pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur lalu. Dia mampu melewati rekor yang sebelumnya dipegang oleh atlet Singapura, Zheng Wen Quah.

Prestasi SEA Games dan Polemik Cabang Olahraga 'Anak Emas'

Turun di nomor 50 meter gaya punggung, perenang berusia 22 tahun itu mencatatkan waktu tercepat 25,20 detik. Sedangkan rekor milik Wen Quah cuma 25,27 detik.

Capaian tersebut membuatnya dianggap layak mendapatkan penghargaan dari KOI. Selain Siman, atlet jalan cepat, Hendro Yap juga mendapat penghargaan yang sama.

Film Glo, Kau Cahaya Ajarkan Tentang Semangat dan Perjuangan

Menyabet medali emas SEA Games 2017, Hendro Yap mencatatkan waktu 1 jam 32 menit 11 detik saat turun di nomor 20 kilometer. Rekor itu melampaui atlet Malaysia, Harbans Singh Narinde pada SEA Games 1997 silam.

Tidak cuma atlet yang kebagian apresiasi dari KOI, para Chief de Mission kontingen Indonesia di ajang internasional juga mendapatkannya. Mereka adalah Raja Sapta Oktohari, Alex Noerdin, Hellen de Sarita, Aziz Syamsudin, Syahrir Nawier, dan Nerdi Sabri.

Raih Perunggu di SEA Games, Ini Rahasia Nutrisi Siman Sudartawa

"Kita apresiasi CdM dan atlet yang sudah membantu mengahrumkan nama bangsa," kata Ketua KOI, Erick Thohir kepada wartawan, Minggu 3 Desember 2017.

Penghargaan ini bisa menjadi modal penting bagi para atlet. Karena mereka bisa termotivasi lagi guna mengharumkan nama bangsa di Asian Games 2018 mendatang. (ase)

Reza Rahadian

Reza Rahadian Akui Sempat Jadi Atlet Renang Profesional Sebelum Terjun Akting

Reza Rahadian mengakui bahwa dirinya pada waktu dulu merupakan atlet renang. Bahkan, ia menambahkan jika dia adalah atlet renang profesional.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024