Indonesia Waspadai Rekor Pertemuan China di Piala Thomas

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon (kanan) dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Laga bulutangkis papan atas dunia akan tersaji di babak semifinal Piala Thomas 2018 antara tim putra Indonesia kontra China. Duel yang digelar Jumat 25 Mei 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, diprediksi akan berlangsung sengit mengingat rivalitas panjang pertarungan dua tim ini.

Rekam Jejak Indonesia di Piala Thomas dan Uber

Berlabel unggulan utama, skuat Negeri Tirai Bambu bermaterikan para bintang tunggal dan ganda putra termasuk sang maestro, Lin Dan.

Sedangkan Indonesia, berisikan kombinasi pemain muda dan senior dengan berstatus sebagai juara Badminton Asia Team Championships 2018.

Mengulik Sejarah Rudy Hartono, Sang Raja Tunggal Putra All England

Tak cuma soal materi pemain, sejarah pertemuan kedua kubu pun jadi hal yang patut dicermati dalam perebutan tiket partai puncak kali ini.

Indonesia dan China total telah 13 kali bertemu dalam pentas Piala Thomas. Dari rekor head to head tersebut, China unggul dengan 7 kali menang, sementara Indonesia memenangkan 6 pertemuan.

Faktor Utama Kegagalan Tim Putra di Piala Thomas dan SEA Games

Pertemuan terakhir keduanya terjadi pada penyisihan Grup A tahun 2012, dimana Indonesia dibantai dengan skor 0-5 oleh China. Dua tahun sebelumnya, kedua tim pun bersua pada partai final tahun 2010 di Malaysia dan lagi-lagi skuat Merah Putih harus takluk dalam kedudukan 0-3.

Yang cukup memprihatinkan, dari lima pertemuan terakhir dengan skuat China, tim putra Indonesia hanya mampu menang satu kali yang terjadi pada 18 tahun silam di final Piala Thomas 2000.

Berikut daftar 5 pertemuan terakhir tim Indonesia vs China di ajang Piala Thomas:

2012    Indonesia 0-5 China     (Penyisihan grup)
2010    Indonesia 0-3 China     (final)
2006    Indonesia 0-3 China     (semifinal)
2004    Indonesia 0-5 China     (Penyisihan grup)
2000    Indonesia 3-0 China     (final)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya