BWF Selidiki 8 Pebulutangkis Putri

Wang Xiaoli dan Yu Yang Juara Djarum Indonesia Open 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Delapan pebulutangkis putri yang tampil di Olimpiade didakwa telah berusaha menghindari kemenangan di laga terakhir yang mereka jalani di babak penyisihan grup. Mereka merupakan para pemain yang tampil di nomor ganda, Selasa, 31 Juli 2012.

Kedelapan pebulutangkis tersebut sudah memastikan tempat di babak perempat final. Mereka tengah dalam penyelidikan setelah di laga sebelumnya disinyalir sengaja untuk mengalah dari lawan-lawannya.

Seperti dilansir guardian.co.uk, kedelapan pebulutangkis itu terdiri atas ganda putri Korea Selatan, Indonesia, dan Cina. Meski belum menjatuhkan sanksi, namun Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menyatakan keempat pasangan itu sengaja tidak mengeluarkan kemampuan terbaiknya demi tujuan tertentu. Bagi BWF ini merupakan tindakan yang telah menodai semangat sportifitas dari olahraga.

Yu Yang/Wang Xiaoli merupakan dua pebulutangkis yang terlibat dalam skandal ini. Unggulan pertama nomor ganda putri asal Cina itu secara mengejutkan menyerah dari pasangan Korea Selatan, Kim Ha Na/Jung Kyung Eun, dua set langsung 14-21, 11-21. Kekalahan ini pun membuat mereka gagal memuncaki klasemen akhir Grup A.

Pertandingan ini dicemooh penonton. Pasalnya, para pemain beberapa kali dengan sengaja memukul bola ke luar lapangan dan melakukan servis yang tidak sempurna. Pada saat game pertama, reli terpanjang bahkan hanya sampai pada empat pukulan saja.

Wasit, Thorsten Berg akhirnya turun dan memperingati kedua tim. Berg meminta mereka untuk bertanding dengan sepenuh hati. Disinyalir, Yu Yang/Wang Xiaoli berusaha untuk mengalah agar tidak bertemu wakil Cina lainnya, Tian Qing/Zhao hingga final.

"Sebenarnya lawan yang kami hadapi saat ini cukup berat. Ini pertama kali kami bertemu dengan mereka dan besok adalah babak knock out. Jadi kami sudah lolos dan ingin memiliki energi yang berlebih untuk melewati babak ini," kata Yu usai pertandingan.

Delegasi Olimpiade Cina tengah melakukan penyelidikan internal terhadap tuduhan yang dialamatkan atlet mereka. Juru bicaranya kepada Xinhua News Agency mengatakan bahwa pihaknya menentang setiap perilaku yang melanggar semangat dan moral olahraga.

Drama yang sama juga mewarnai pertandingan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Meiliana Jauhari melawan pasangan Korea Selatan, Ha Jung Eun/Kim Min Jung. Kedua kubu disinyalir mencari kekalahan di laga terakhir Grup C agar tidak menjadi juara grup dan bertemu unggulan Wang Xiaoli/Yu Yang di perempat final.

Pertandingan ini sendiri akhirnya dimenangkan oleh Kim/Ha atas Greysia/Meiliana dengan kedudukan 18-21, 21-12, 21-14. Dengan hasil ini, maka Kim/Ha akan bertemu dengan Wang/Yu di babak perempat final, sementara Greysia/Meiliana berjumpa Kim/Jung.

Sementara itu, TheSun.co.uk melaporkan bahwa BWF sedang melakukan penyelidikan atas kejadian ini. Pagi ini, pihak BWF akan memanggil pihak-pihak yang bersangkutan dalam sidang disiplin sebelum mengeluarkan keputusan final terkait kejadian ini.

Daftar Harga HP Oppo per 12 April 2024
Kondisi pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan

Ragunan Zoo Visitors Reach Over 65,000 during Eid Holidays

Ragunan Wildlife Park (TMR), South Jakarta recorded a total of over 65 thousand visitors on the second day of Eid holiday.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024