Kembali Gagal Jadi Juara, Ini Target Chong Wei Selanjutnya

Lee Chong Wei
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Jadwal Laga Tim Bulutangkis Indonesia di Olimpiade Kamis Ini
- Pebulutangkis tunggal putra asal Malaysia, Lee Chong Wei gagal mewujudkan mimpinya untuk meraih gelar juara dunia bulutangkis untuk pertama kalinya. Sepanjang berkarier profesional, baru kejuaraan ini saja yang tidak pernah berhasil dimenanginya.

Dukungan 'Adik Kelas' Beri Motivasi Skuad Ganda Campuran

Chong Wei harus menelan pil pahit usai dibekuk jagoan China, Chen Long di babak final Kejuaraan Dunia BWF yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 16 Agustus 2015. Dia harus mengakui keunggulan Chen Long dalam dua gim langsung 14-21 dan 17-21.
Jadwal Pertandingan Indonesia di Olimpiade Hari ke-6


Pengalaman ini seperti mimpi buruk saja bagi Chong Wei. Pasalnya, pebulutangkis yang baru saja bangkit dari keterpurukan usai terkena sanksi akibat penyalahgunaan doping itu pada kejuaraan edisi sebelumnya di Copenhagen, Denmark, juga kalah dari Chen Long.


Akan tetapi, nampaknya mantan pebulutangkis nomor satu dunia itu tidak ingin terlalu berlama-lama terpuruk. Dia mengaku akan berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan kepercayaan diri, agar bisa mengikuti turnamen berikutnya demi meraih tiket menuju ke Olimpiade Rio 2016.


"Saya sudah bertekad untuk bermain mati-matian, dan memang dia (Chen Long) lebih cepat dari saya. Dia bermain dengan baik, sehingga saya tidak bisa berbuat apa-apa," kata Chong Wei usai pertandingan.


"Saya sudah gagal lagi. Mungkin akan saya coba lagi di Olimpaide. Saya tidak ingin putus asa karena kalah lagi dari Chen Long. Sekarang saya fokus untuk ikut turnamen berikutnya agar bisa dapat tiket ke Olimpiade," imbuh dia.


Terkait rekornya yang tidak pernah memenangi gelar juara dunia, Chong Wei mengaku tidak ingin terlalu memikirkannya. Itu sebabnya dia enggan memastikan apakah masih akan mencoba peruntungan di Kejuaraan Dunia berikutnya atau tidak.


"Saya belum bisa komentar, karena saya tidak tahu apa yang terjadi setelah Olimpiade. Saya akan lihat dari sana, kalau saya tampil bagus saya akan coba, kalau tidak mungkin saya akan berhenti," jelas Chong Wei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya