Trik Ganda Campuran Genjot Mental Bertanding di SEA Games

Pelatih kepala ganda campuran PP PBSI, Richard Mainaky
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Skuat bulutangkis Indonesia kian memantapkan persiapannya menjelang tampil dalam ajang SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia. Dan salah satu sektor yang cukup menjadi sorotan serta andalan meraih medali emas tak lain adalah ganda campuran.

Profil Rudy Hartono Legenda Bulutangkis Indonesia Peraih Trofi All England Terbanyak

Sebagai pemegang medali emas SEA Games 2015 lalu (Praveen Jordan/Debby Susanto), armada Merah Putih tentunya ingin mempertahankan prestasi tersebut dan tetap jadi penguasa podium tertinggi. Pemantapan pun terus dia asah Edi Subaktiar cs di bawah asauhan Pelatih Kepala ganda campuran Pelatnas PBSI, Richard Mainaky.

Baca juga: Andalan di SEA Games, Edi/Gloria Tak Gentar Teror Tuan Rumah

Termasuk Rudy Hartono, Ini 5 Tunggal Putra Peraih Trofi All England Terbanyak

Upaya dan langkah ekstra pun coba dilakoni yakni dengan melibatkan peran psikolog untuk memperkuat mental bertanding kedua pasangan skuat Cipayung. 

"Dalam program pelatihan mempersiapkan skuat ganda campuran ke SEA Games 2017 ini saya libatkan juga psikolog yakni pak Rahman. Jadi selain fokus membenahi teknik dan fisik, kita juga membekali mental serta psikologis pemain untuk benar-benar siap," ungkap Richard kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu.

Termasuk Jonatan Christie, Ini 6 Tunggal Putra Asal Indonesia yang Pernah Juara All England

"Kadang-kadang mereka suka ada masalah sampai terbawa ke lapangan. Sering kali juga pemain sudah sangat siap untuk bertanding baik teknik dan fisik, namun saat sudah unggul dan hampir menang justru mereka kerap lengah dan mentalnya turun jika lawan mulai pegang kendali permainan," tambahnya.

Richard pun menitikberatkan, bahwa sejauh ini program pendampingan oleh psikolog telah memunculkan progres positif bagi anak asuhnya. "Saya lihat ada positifnya ya, karena sudah tiga kali pertemuan itu saya mulai lihat tekanan ada pada Edi (Subaktiar)," tegas Richard.

Ganda campuran akan diperkuat dua pasangan yakni Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja dan Hafidz Faisal/Shela Devi Aulia yang turun di nomor perorangan. Secara umum, cabang bulutangkis dibebani target meraih 3 medali emas pada SEA Games 2017.

Simak wawancara khusus VIVA.co.id dengan Richard Mainaky dalam video berikut ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya