Erick Tohir

Ketua Indonesia Asian Games Organizing Committee, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Erick Thohir lahir di Jakarta, 30 Mei 1970. Dia mempunyai saudara Boy Thohir dan Rika. Ayahnya bernama Teddy Thohir  seorang pengusaha.  Teddy Thohir bersama William Soeryadjaya merupakan pemilik dari Grup Astra International. Meski begitu, ayahnya melarang anaknya bekerja di perusahaannya.

Tujuan Erick Thohir Bangun Masjid Megah di Depok

Pendidikan sarjana Erick Thohir diperoleh dari Glendale University, kemudian ia melanjutkan program master administrasi bisnis dari Universitas Nasional California dan lulus tahun 1993.

Sekembalinya ke Indonesia, ia tidak bekerja di kantor ayahnya, tetapi mendirikan perusahaan bernama Mahaka Group bersama Wisnu Wardhana dan R. Hary Zulnardy. Perusahaan ini membeli koran Republika pada tahun 2001. Di perusahaan tersebut, Erick menjabat sebagai Presiden Direktur hingga 30 Juni 2008.

Erick Thohir Kasih Kepercayaan ke Mahasiswa Kembangkan EBT

Kemudian, pada 2009 Grup Mahaka terus melebarkan sayap ke dunia media. Dia memiliki stasiun JakTV, radio GEN 98.7 FM, Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio, periklanan, jual-beli tiket, serta desain situs web. 

Selain memiliki bisnis di berbagai bidang, Erick juga pendiri dari organisasi amal "Darma Bakti Mahaka Foundation" dan "Dompet Dhuafa Republika" serta menjadi Presiden Direktur VIVA group ( TVOne, Antv, VIVA.co.id, VIVA All) dan Beyond Media.

Jokowi Ketemu Marc Marquez Dkk di Jakarta Sebelum MotoGP Dimulai

Erick Thohir terbilang gila olahraga. Dia pun memulai memasuki dunia olahraga tanpa harus meninggalkan unsur bisnisnya. Nama Erick Tohir semakin dikenal setelah ia mendirikan klub bola basket Mahaka Satria Muda Jakarta dan Mahaputri Jakarta. 

Karier Erick dalam dunia olahraga, ia pernah menjabat sebagai ketua umum PERBASI pada periode 2006 hingga 2010, Presiden Asosiasi Bola Basket Asia tenggara (SEABA) selama dua kali, 2006-2010 dan 2010-2014. 

Bahkan pada tahun 2012 Erick dipercaya sebagai Komandan Kontingan Indonesia untuk Olimpiade London 2012. Kegilaannya pada dunia basket, Erick Thohir membeli juga klub basket yang ikut di NBA, Amerika Serikat, bernama Philadelphia 76ers. Transaksi ini membuatnya semakin dikenal sebagai orang Asia pertama yang memiliki Tim Basket NBA.

Kecintaannya pada sepakbola tidak kalah menariknya. Pada tahun 2012 Erick Thohir dan Levien menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub sepakbola yang ikut Major League Soccer D.C United, Amerika Serikat. Erick Thohir juga membeli klub sepakbola Persib Bandung.

Tidak sampai di sana keseriusan Eric Thohir di kancah sepakbola, ia pun membeli klub sepakbola Italia dan resmi menjabat sebagai Presiden Inter Milan pada 15 November 2013. Kepemilikan Erick atas Inter Milan menambah nama dalam daftar pengusaha Asia yang berhasil mengakuisisi klub sepakbola Eropa.


BIODATA :

Nama : Erick Tohir
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 30 Mei 1970
Jabatan : Pendiri Mahaka Group
Agama : Islam
   
KELUARGA  
Istri : Elizabeth Chandra

 

PENDIDIKAN :

  • Bachelor of Arts, Glendale University
  • Master Administrasi Bisnis, Universitas Nasional California, Amerika Serikat (1993)

 

KARIER :

  • Komisaris Mahaka Group
  • Presiden Direktur VIVA grup 
  • Pemilik klub bola basket Philadelphia 76ers dan Satria Muda
  • Pemilik klub sepak bola, D.C United, Inter Milan, dan Persib Bandung
     
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya