Primus Yustisio

Anggota DPR Primus Yustisio
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Dunia sinetron dan model adalah tempat Primus Yustisio meniti karier. Dengan wajah tampan dan bentuk tubuh atletis ditambah kemampuan akting, ia sukses berkarier dalam dunia hiburan. Kesuksesannya ini tidak lantas membuatnya puas. Ia pun mencoba tantangan lainnya yaitu dalam dunia politik. Sempat kalah dalam pencalonan diri sebagai bupati Subang periode 2008-2013, ia tidak putus asa. Primus mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada pemilihan umum legislatif 2009  dari Partai Amanat Nasional untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat IX, dan menang.

Tak Banyak yang Tahu, Deretan Artis Ini Bertanggal Lahir 17 Agustus

Primus Yustisio lahir pada 17 Agustus 1977 di Bogor. Awal karier Primus dalam dunia hiburan diawali dengan terpilihnya sebagai pemenang favorit sebagai Cover Boy Aneka tahun 1995. Kemenangan tersebut membuatnya banyak mendapat tawaran sebagai model majalah, iklan, dan bermain sinetron. Ia mulai aktif bermain sinetron pada 1997. Saat itu ia bermain dalam sinetron yang berjudul “Indahnya Rembulan Teriknya Matahari” bersama dengan Elma Theana. produksi Multivision Plus (MVP).

Multivision Plus saat itu adalah rumah produksi yang paling bergengsi. Sinetron-sinetron yang diproduksi MVP selalu memiliki rating tinggi dan memiliki banyak penonton setia. Bagi para artis saat itu termasuk Primus, merupakan satu prestasi besar, bisa menjadi bagian dari sinteron produksi MVP.

4 Artis Tukar Kursi di Komisi DPR RI, Siapa Saja

Primus pernah mengakui bahwa kemampuan aktingnya dalam sinetron  “Indahnya Rembulan Teriknya Matahari” masih sangat kurang. Sadar akan kekurangannya dalam hal akting, Primus pun banyak belajar dari para senior. Ia juga mulai sering menonton film baik produksi luar maupun dalam negeri untuk belajar intonasi dan penyaluran emosi saat berakting.

Primus bekerja keras untuk memperbaiki kemampuan aktingnya. Hal ini dibuktikan dengan aktingnya yang sangat maksimal di sinetron “Cinta” pada 1999. Cerita sinetron tersebut diangkat dari novel karya Mira W. Dalam sinetron tersebut, Primus beradu akting dengan Desy Ratnasari dan Atalarik Syach dan disiarkan di RCT. Banyak orang memuji penampilan Primus dalam sinetron produksi Indika Entertaiment tersebut.

Dongkrak Pamor Cagub Sudrajat, PAN Kerahkan Artis 'Veteran'

Setelah sukses bermain dalam sinetron “Cinta”, tawaran untuk bermain dalam sinetron lain pun berdatangan. Ia mulai banyak bermain dalam berbagai sinetron seperti “Papaku Keren-Keren”, “Kembar Tapi Beda”, “Kehormatan”, “Panji Manusia Milenium”, “Cinta Itu Nggak Buta” dan “Titipan Ilahi,”.

Primus memiliki banyak sekali penggemar pada awal kemunculannya. Hal itu karena kemampuan aktingnya yang memukau dan tentu saja ketampanan wajahnya. Hal ini membuat Primus mendapat penghargaan sebagai aktor terfavorit versi Panasonic Award tahun 1999.

Karier Politik

Setelah tidak aktif dalam dunia hiburan selama hampir satu tahun, Primus membuat kabar ynga cukup mengejutkan. Ia mencalonkan diri menjadi Bupati tetapi gagal. Kemudian, ia ditarik menjadi calon Wakil Bupati Subang berpasangan dengan Imas Aryumningsih. Imas dan Primus merupakan pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional.

Ketertarikan Primus dalam dunia politik didasari karena keinginannya membuat harapan baru bagi masyarakat Subang. Primus memang memiliki darah Subang karena neneknya berasal dari sana. Kecintaannya pada Subang membuatnya ingin memimpin daerah yang terdiri dari 30 kecamatan tersebut.

Dalam kompetisi tersebut Primus dan Imas mendapatkan nomor urut dua dalam Rapat Pleno Terbuka, KPU Kabupaten Subang tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon, di aula KPU Subang, pada 3 September 2008. Primus dan Imas bersaing dengan lima pasangan lainnya yang diusung dari berbagai partai dan kalangan independen. Dalam pemilihan tersebut Primus dan Imas kalah. Mereka dikalahkan oleh pasangan Eep Hidayat  dan Ojang Sohandi yang diusung PDI Perjuangan.

Kekalahan Primus ini sempat memicu isu yang tidak sedap. Ia dikabarkan bangkrut dan memiliki utang hingga Rp5 miliar. Kebangkrutan tersebut, menurut kabar membuat rumahnya yang berada di daerah Jakarta Selatan disita. Hal ini dibantah oleh sepupu Primus dan memang tidak terbukti karena sampai saat, Primus masih berdomisili di rumah tersebut.

Kekalahannya menjadi bupati dan wakil bupati, serta isu miring seputar kebangkrutannya tidak membuat Primus menarik diri dari dunia politik. Hal itu dijadikan Primus sebagai pelajaran. Ia pun mencalonkan diri menjadi anggota DPR mewakili Daerah Pemilihan Jawa Barat IX. Pencalonan ini mendapatkan dukungan dari sang istri, Jihan Fahira dan keluarga dekatnya.

Pria berdarah Iran tersebut mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN). Berbagai kampanye dilakukannya mulai dari mendatangi rumah-rumah hingga berpidato di lapangan. Banyak yang mengenal Primus lebih sebagai artis dibandingkan politikus. Hal ini justru membuat Primus lebih mudah berkampanye dan meningkatkan popularitas di daerah pemilihannya. Dengan kerja keras dan popularitasnya yang tinggi sebagai artis, Primus Yustisio berhasil lolos menjadi anggota DPR periode 2009-2014. Ia bahkan menjadi calon legislatif (caleg) PAN yang memperoleh suara terbanyak di partai politiknya, yaitu sebesar 60.684 suara.

Pada pemilu legislatif 2014, Primus maju kembali sebagai calon anggota dewan PAN dari Dapil Jawa Barat V, ia pun lolos ke Senayan dan menjadi anggota DPR RI  periode 2014-2019 dengan perolehan suara 45.485 suara.

Kisah cinta

Primus pernah menjalin hubungan asmara cukup lama dengan akris dan penyanyi Nafa Urbach. Mereka berhubungan dari 1997 hingga 2001. Mereka disebut-sebut sebagai pasangan ideal dan sering dipasangkan dalam berbagai sinetron. Kabar putusnya hubungan asmara mereka cukup mengejutkan karena beberapa kali mereka mengungkap akan menlanjutkan ke jenjang pernikahan.

Setelah putus dari Nafa pada 2001, Primus sempat dikabarkan berhubungan dengan pemain sinetron, Tia Ivanka. Tetapi, kabar itu tidak terbukti dan ternyata Primus berpacaran dengan pemain sinetron dan model Jihan Fahira. Hubungan mereka sempat ditutupi tetapi akhirnya tercium media.

Primus dan Jihan menjalani hubungan selama dua tahun dan memutuskan menikah para 17 September 2004. Mereka melangsungkan pernikahan mewah di Hotel Four Season, Jakarta dengan menyebar 750 undangan. Mereka kini memiliki anak.

BIODATA

Nama Lengkap : Primus Yustisio
Nama Panggilan : Primus
Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 17 Agustus 1977
Agama : Islam
Pekerjaan : Anggota DPR RI / F-PAN 2014-2019
   
KELUARGA  
Orang Tua : Eko Sembodo – Ida Fauziah
Istri : Jihan Fahira
Anak : Lana Devina Yustisio (2006)
    Sami Muhammad Abduh Yustisio (2008)
    Tara Azkia Alona Yustisio (2010)
    Aisyil Maryam Yustisio (2015)

Sinetron 

  • Indahnya Rembulan Teriknya Matahari (1996)?
  • Cinta (1999)?
  • Melati (1998)?
  • Panji Manusia Milenium
  • Kehormatan
  • Senyumku Tangisku
  • Kepala Keluarga
  • Mawar Merah di Antara Duri
  • Cinta Anak Kampus
  • Titipan Ilahi
  • Nada Cinta
  • Aliya
  • Anak-Anak Manusia

Iklan

  • Watchout Soap Deodorant - Baseball
  • Honda Megapro 1600
  • Sakatonik ABege (Agnes Monica)

Video Clip

  • Hati Yang Kecewa (Nafa Urbach)
  • Hatiku Bagai Di Sangkar Emas (Nafa Urbach)
  • Tiada Dusta Dihatiku (Nafa Urbach)
  • Bilakah (Nafa Urbach)

Prestasi :?

  • Pemenang Favorit Cover Boy 1995?
  • Bintang Sinetron Terfavorit Panasonic Award 1999?
  • Nominator Aktor Paling Ngetop SCTV Award 2004?
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya